Connect with us

Ekonomi Kreatif

Sandiaga Apresiasi Inovasi Eren dan Rivan Buat Sepatu Unik dari Bahan Bekas

Published

on

BATAM, JAYAKARTA NEWS – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekrat) Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi inovasi dari kakak-beradik Eren dan Rivan yang menghasilkan produk ekonomi kreatif berupa sepatu dari bahan-bahan bekas. 

Menparekraf Sandiaga dalam sesi Creative Talkshow Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2023 yang berlangsung di Mega Mall Batam, Jumat (28/07/2023), mengatakan Eren dan Rivan menciptakan produk baru dari limbah seperti baju bekas, plastik, hingga karung. 

“Jadi bahan-bahan yang sudah menjadi limbah diolah akhirnya menjadi berkah gitu ya,” kata Menparekraf Sandiaga, dikutip dari Rilis Kemenparekraf, Sabtu (29/7/2023).

Eren dan Rivan memulai usaha sepatu pada Februari tahun 2023. Eren belajar membuat sepatu dari temannya. Mulai dari membuat upper sepatu, memasang sol, menjahit, sampai strategi pemasaran.

Meski banyak mendapat apresiasi, namun dikatakan Eren usahanya itu tidak berjalan mudah. Saat mencoba live di TikTok untuk memasarkan produknya, jumlah penontonnya hanya sedikit. Kemudian Rivan mencoba membantu dan berhasil menarik perhatian penonton cukup banyak. Sampai akhirnya, dengan modal Rp100 ribu, kini omzet keduanya dalam sebulan mencapai Rp10-15 juta. 

“Ini salah satu inspirasi bahwa dengan modal Rp100 ribu sekarang pendapatannya Rp10 juta per bulan. Mereka dikasih peluang dan sekarang bukannya mereka sulit mencari order, tapi kebanjiran order. Mereka sulit untuk membuatnya karena pembatasan dari modal tersebut,” kata Menparekraf Sandiaga. 

Eren dan Rivan (Foto: Kemenparekraf)

Menparekraf mendorong agar Eren dan Rivan memanfaatkan berbagai program dari Kemenparekraf/Baparekraf untuk meningkatkan kualitas produk juga pemasaran seperti akses permodalan. 

“Kita punya akses pembiayaan, mudah-mudahan nanti bisa berkembang ke depannya,” kata Menparekraf Sandiaga. 

Sementara Eren mengatakan kini tak sedikit public figure yang tertarik dan memesan produknya. Salah satunya adalah Raffi Ahmad. Eren bahkan sempat membagikan momen saat membuatkan sepatu untuk Raffi Ahmad yang akan digunakan untuk acara anniversary salah satu program televisi. Namun, konten yang dibuatnya ternyata menuai berbagai reaksi. 

“Dari komentar negatif, banyak juga yang mendukung kami,” kata Eren. 

Senada dengan Eren, sang adik, Rivan tak mempedulikan komentar negatif dari netizen. 

“Sama netizen itu yang penting jangan patah semangat, harus rendah hati  dan terpenting harus semangat bikin konten dan harus berjuang sampai sukses ke depannya,” kata Rivan. 

Turut mendampingi Menparekraf Sandiaga dalam kesempatan tersebut, Staf Khusus Menparekraf Bidang Pengamanan Destinasi Wisata dan Isu-isu Strategis Kemenparekraf/ Baparekraf, Brigjen TNI Ario Prawiseso; Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/ Baparekraf, Hariyanto; Direktur Industri Kuliner, Kriya, Desain, dan Fesyen Kemenparekraf/Baparekraf, Yuke Sri Rahayu; dan Direktur Event Nasional dan Internasional Kemenparekraf/Baparekrat, Dessy Ruhaty.***/mel

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *