Sabet Juara Umum MTQ Nasional ke-29, Gubernur Khofifah Beri Bonus Seluruh Anggota Kafilah Jatim

 Sabet Juara Umum MTQ Nasional ke-29, Gubernur Khofifah Beri Bonus Seluruh Anggota Kafilah Jatim

Piala Juara Umum yang diserahkan kepada Gubernur Khorifah (foto: istimewa)

SURABAYA, JAYAKARTA NEWS— Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberikan bonus dan penghargaan pada seluruh Kafilah MTQ Jatim yang telah meraih Juara Umum dalam MTQ Nasional Ke-29.

Pemberian bonus dan penghargaan itu dilakukan tepat saat Peringatan Hari Santri Nasional 2022 di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Sabtu (22/10), sebagai wujud syukur keberhasilan Jatim meraih Juara Umum setelah penantian 37 tahun.

Dimana, para Kafilah Jatim yang meraih Juara Umum MTQ Tingkat Nasional di Kalimantan Selatan ini sebelumnya juga melakukan kirab Piala Bergilir dengan mengendarai Jip dari Kantor Gubernur menuju Gedung Negara Grahadi, Surabaya selanjutnya piala diserahkan ketua kontingen kafilah MTQ Nasional ke – 29 KH. Abdul Hamid kepada Gubernur Jawa Timur di sela sela upacara Hari Santri Nasional .

Lebih detailnya, Gubernur Khofifah memberikan bonus kepada para juara MTQ, masing-masing berupa uang pembinaan sebesar Rp 50 juta untuk juara 1, kemudian untuk peraih juara 2 diberikan sebesar Rp 40 juta, dan untuk peraih juara 3 diberikan sebesar Rp. 30 juta.

Sementara juara harapan masing masing memperoleh Rp. 5 juta serta para peserta memperoleh bonus pembinaan sebesar Rp 2 juta. Tak hanya itu, pembina juara 1, 2 dan 3 juga mendapatkan hadiah dari Gubernur perempuan pertama di Jatim itu.

“Prestasi sebagai Juara Umum MTQ Nasional ke 29 ini adalah kado yang sangat indah bagi Hari Santri Tahun 2022. Tentu juga adalah kado indah dalam HUT Prov. Jatim yang ke-77,” ucap Gubernur Khofifah.

“Secara khusus Saya pesan kepada Ketua Kontingen kafilah KH. Abdullah Hamid agar menjaga Piala Presiden sehingga Jatim pada tahun mendatang tetap menjadi Juara Umum. Tolong jangan pernah dipindahkan ke provinsi yang lain,” lanjutnya.

Gubernur Khofifah menyatakan rasa bangganya atas banyaknya prestasi dari Jawa Timur yang diakui di tingkat nasional. Selain juara umum MTQ, minggu ini Jatim juga telah meraih prestasi Juara Umum di Olimpiade Sains 2022 untuk yang ketiga kalinya berturut turut, kemudian dilanjutkan dengan Kompetisi Sains Madrasah Juara Umum yang diumumkan tanggal 21 Oktober kemarin.

“Juara Umum MTQ ini menjadi penguat dari seluruh prestasi juara yang berhasil diraih Jawa Timur. Kepada para pembina, pendamping, pelatih, pengasuh, qori – qoriah dan seluruh kontingen dan tim pendukung dari Pemprov Jatim saya ucapkan terima kasih. Panjenengan semua inilah yang oleh Allah diberi nikmat untuk menjaga Al Qur’an,” tandasnya.

Gubernur Khofifah mengatakan, keberhasilan Jatim meraih Juara Umum MTQ ke-29 bahkan membawa resonansi begitu kuat di tingkat nasional.

“Apa yang kita harapkan diijabah oleh Allah SWT. Saat saya menghadiri halaqoh kebangsaan di Jakarta saya mendapatkan banyak ucapan selamat dari Menteri Agama, Menkopolhukam dan banyak kepala daerah menyampaikan ucapan selamat. Resonansi ini sangat besar semoga manfaat barakah,” urainya.

“Terima kasih para kafilah, pelatih, pembina yang telah memuliakan Jawa Timur melalui prestasi di MTQ tingkat nasional. Prestasi ini melengkapi kebahagiaan dan kemuliaan dari masyarakat Jawa Timur,” pungkasnya.

Sementara itu, dalam sambutannya, Ketua Harian LPTQ KH. Hamid Abdullah menyampaikan rasa bahagia dan lega atas keberhasilan Jawa Timur meraih Juara Umum. Banyak pengalaman yang tak akan terlupakan dimana sebelum dimulainya pelaksanaan lomba banyak dari pembina dan guru yang mendampingi jatuh sakit bahkan sampai diinfus.

Tidak hanya itu, sebelum dimulai lomba para kafilah tegang dan menangis sebelum pelaksanaan lomba. Ada pula, yang baru melahirkan 40 hari mengikuti lomba MTQ.

“Allhamdulillah seluruh jerih payah, sakit maupun ketegangan yang dirasakan oleh para pelatih, pembina dan kafilah terbayar sudah. Jatiym berhasil keluar menjadi juara umum pada pelaksanaan MTQ Tahun 2022,” ungkapnya.

KH. Hamid menegaskan, bahwa memperoleh Juara Umum tidaklah mudah namun membutuhkan persiapan yang matang. Segala ikhtiar dilakukan bersama. Mulai ikhtiar lahiriyaj dan ikhtiar batiniyah.

“Pasukan bumi kita libatkan dengan mendatangkan para pengajar, guru guru terbaik untuk belajar tilawah Al Quran maupun bidan MTQ lain. Sementara Pasukan Langit diminta pertolongannya untuk menurunkan keberkahan bagi seluruh kafilah yang akan bertanding,” ujarnya.

Setiap hari para kafilah tak lepas dari Sholawat Nariyah yang dilantunkan sebanyak 4.444. Para Hafidz Qur’an juga dilibatkan untuk mengkhatamkan Al Quran setiap hari. Puncaknya, jelang 40 hari pelaksanaan MTQ semua ponpes diminta mengangkat tangan dan mendoakan agar seluruh kafilah Jatim meraih hasil terbaik.

“Allhamdulillah seluruh upaya kita tidak sia-sia, terima kasih Ibu Gubernur telah memberikan pendampingan. Semoga keberhasilan Jatim meraih Juara Umum membawa keberkahaan. Saya yakin, orang yang memuliakan Al Qur’an adalah orang yang di hormati dan dimuliakan oleh Allah. Semoga Ibu Gubernur selalu diberi kemudahan dalam memimpin Jawa Timur,” katanya. (poedji)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.