Connect with us

Kolom

Proyek Ambisius Arab Saudi Wujudkan Kota Futuristik NEOM

Published

on

Ilustrasi proyek kota futuristik NEOM sepanjang 170 km membentang paralel di gurun Arab Saudi (kredit foto : neom.com)

JAYAKARTA NEWS – Kota NEOM adalah salah satu proyek paling ambisius dalam sejarah Arab Saudi, yang dirancang sebagai bagian dari Visi 2030. Proyek ini bertujuan untuk menciptakan kota futuristik yang menjadi pusat inovasi dan teknologi global, serta menggambarkan komitmen Arab Saudi untuk diversifikasi ekonomi dan keberlanjutan lingkungan.

Proyek NEOM diluncurkan pada tahun 2017 oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman, NEOM merupakan bagian integral dari Visi 2030 yang bertujuan untuk mengurangi ketergantungan Arab Saudi pada minyak, mempromosikan pariwisata, dan meningkatkan ekonomi berbasis pengetahuan. NEOM adalah singkatan dari “Neo-Mustaqbal,” yang berarti “masa depan baru” dalam bahasa Arab. Proyek ini mencakup area seluas 26.500 kilometer persegi di wilayah barat laut Arab Saudi, di sepanjang pantai Laut Merah, dan berbatasan dengan Mesir dan Yordania​.

Komponen Utama NEOM
The Line

Salah satu komponen utama NEOM adalah “The Line,” sebuah kota yang membentang sepanjang 170 kilometer tanpa mobil, jalan, atau emisi karbon. The Line dirancang untuk menjadi contoh pembangunan berkelanjutan dengan memprioritaskan pejalan kaki, transportasi umum, dan teknologi hijau. Setiap fasilitas penting akan berada dalam jarak lima menit berjalan kaki, dan perjalanan antarkota akan dilakukan dengan transportasi kecepatan tinggi yang direncanakan tidak memakan waktu lebih dari 20 menit​.

Oxagon
Oxagon adalah pusat industri dan logistik yang berbentuk segi delapan dan berlokasi di tepi laut. Pusat ini akan menjadi tuan rumah bagi berbagai industri canggih, termasuk robotika, energi terbarukan, dan manufaktur berteknologi tinggi. Oxagon juga diharapkan menjadi pelabuhan dan pusat logistik terbesar di dunia yang dioperasikan sepenuhnya oleh teknologi otonom dan kecerdasan buatan​.

Trojena
Trojena adalah destinasi wisata pegunungan di NEOM yang akan menawarkan berbagai kegiatan sepanjang tahun, termasuk ski di luar musim dingin, olahraga air, dan hiking. Proyek ini juga mencakup fasilitas medis canggih, resor kesehatan, dan taman rekreasi berstandar internasional. Trojena dirancang untuk menarik wisatawan internasional dan menjadi contoh pariwisata berkelanjutan​.

Inovasi dan Teknologi
NEOM bertujuan menjadi pusat inovasi global, dengan fokus pada teknologi mutakhir seperti kecerdasan buatan, internet of things (IoT), dan bioteknologi. Kota ini akan mengintegrasikan teknologi ini ke dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari, mulai dari transportasi dan perumahan hingga kesehatan dan pendidikan.

Energi Terbarukan
Salah satu fitur utama NEOM adalah komitmennya terhadap energi terbarukan. Proyek ini bertujuan untuk menghasilkan energi sepenuhnya dari sumber-sumber terbarukan, seperti tenaga surya dan angin. NEOM juga berencana untuk menjadi pusat global untuk penelitian dan pengembangan energi hijau, serta menjadi contoh utama dalam penggunaan energi berkelanjutan di kota modern.

Mobilitas
Transportasi di NEOM akan didominasi oleh kendaraan otonom dan transportasi umum berkecepatan tinggi. The Line, misalnya, dirancang untuk mengurangi kebutuhan akan mobil pribadi dan mempromosikan penggunaan transportasi umum yang efisien dan ramah lingkungan. Selain itu, teknologi seperti Hyperloop juga sedang dipertimbangkan untuk menghubungkan berbagai bagian NEOM dengan kecepatan tinggi dan efisiensi​.

Lingkungan dan Keberlanjutan
NEOM berkomitmen untuk menjadi contoh kota yang berkelanjutan, dengan fokus pada pelestarian lingkungan dan pengurangan jejak karbon. Proyek ini mencakup inisiatif untuk melindungi dan memulihkan ekosistem lokal, serta mempromosikan praktik-praktik pembangunan yang ramah lingkungan. Selain itu, NEOM akan mengintegrasikan teknologi hijau dalam segala aspek operasionalnya, mulai dari bangunan hemat energi hingga sistem pengelolaan limbah yang canggih​.

Dampak Ekonomi dan Sosial
Diversifikasi Ekonomi

NEOM diharapkan memainkan peran penting dalam diversifikasi ekonomi Arab Saudi. Dengan menarik investasi asing dan mengembangkan sektor-sektor baru seperti teknologi, pariwisata, dan energi terbarukan, NEOM akan membantu mengurangi ketergantungan ekonomi negara pada minyak. Proyek ini juga diharapkan menciptakan jutaan lapangan kerja baru dan meningkatkan PDB negara secara signifikan​.

Peningkatan Kualitas Hidup
Salah satu tujuan utama NEOM adalah meningkatkan kualitas hidup warga negara Saudi. Dengan menyediakan fasilitas kesehatan, pendidikan, dan rekreasi berstandar internasional, NEOM bertujuan menciptakan lingkungan yang sehat dan sejahtera bagi semua penghuni. Selain itu, proyek ini juga berkomitmen untuk memberdayakan perempuan dan pemuda, serta mendorong partisipasi aktif mereka dalam berbagai sektor masyarakat​.

Pariwisata dan Budaya
NEOM akan menjadi destinasi wisata utama yang menarik wisatawan dari seluruh dunia. Dengan menawarkan berbagai atraksi unik seperti Trojena dan The Red Sea Project, NEOM akan mempromosikan pariwisata berkelanjutan dan memperkenalkan budaya Saudi kepada dunia. Selain itu, proyek ini juga akan melestarikan warisan budaya lokal dan mempromosikan ekspresi artistik dan kreatif​).

Pendanaan dan Biaya
Salah satu tantangan utama NEOM adalah pendanaan dan biaya proyek yang sangat besar. Diperkirakan, proyek ini membutuhkan investasi sekitar $500 miliar untuk direalisasikan sepenuhnya. Meskipun Arab Saudi memiliki dana yang besar dari hasil minyak dan dukungan dari Dana Investasi Publik (PIF), tantangan pendanaan tetap menjadi perhatian utama, terutama dalam menarik investor asing dan mitra internasional​.

Lingkungan dan Ekosistem
Proyek NEOM juga menghadapi tantangan dalam hal dampak lingkungan. Meskipun berkomitmen pada keberlanjutan, pembangunan besar-besaran di wilayah yang relatif belum tersentuh dapat mengancam ekosistem lokal. Oleh karena itu, penting bagi NEOM untuk menerapkan praktik-praktik pembangunan yang ramah lingkungan dan meminimalkan dampak negatif terhadap lingkungan​.

Sosial dan Budaya
Perubahan sosial dan budaya yang dihasilkan oleh proyek sebesar ini juga menimbulkan tantangan. NEOM harus memastikan bahwa pembangunan tersebut menghormati dan melestarikan warisan budaya lokal, sambil juga mengadopsi inovasi dan perubahan yang diperlukan untuk menciptakan kota masa depan. Selain itu, penting untuk memastikan bahwa semua kelompok masyarakat, termasuk perempuan dan minoritas, mendapat manfaat dari proyek ini​​.

NEOM adalah proyek ambisius yang menunjukkan komitmen Arab Saudi untuk transformasi ekonomi dan sosial melalui inovasi dan teknologi. Dengan berbagai komponen utama seperti The Line, Oxagon, dan Trojena, NEOM bertujuan untuk menjadi pusat global untuk inovasi dan keberlanjutan. Meskipun menghadapi berbagai tantangan, proyek ini memiliki potensi besar untuk mengubah lanskap ekonomi dan sosial Arab Saudi, serta memberikan contoh bagi kota-kota masa depan di seluruh dunia.

Visi 2030 dan proyek NEOM mencerminkan ambisi Arab Saudi untuk menciptakan masa depan yang lebih berkelanjutan, beragam, dan sejahtera bagi semua warganya. Dengan fokus pada teknologi, keberlanjutan, dan inovasi, NEOM bukan hanya sebuah proyek pembangunan, tetapi juga simbol transformasi dan kebangkitan baru bagi Arab Saudi dan dunia​. (Heri)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *