Presiden Jokowi Mantu

 Presiden Jokowi Mantu

HARI Rabu (8/11/2017), Presiden Joko Widodo akan menikahkan putrinya, Kahiyang Ayu dengan Muhammad Bobby Afif Nasution. Serangkaian prosesi adat Jawa telah dilakukan mulai hari ini.

Selasa (7/11) pagi, di kediaman pribadinya di Jalan Kutai Utara Sumber, Solo Jawa Tengah, antara lain dilakukan pemasangan anyaman daun kelapa atau bleketepe, siraman hingga sungkeman. Malam harinya dilakukan midodareni, dan puncaknya ijab kabul dan resepsi, pada hari Rabu (8/11).

“Siraman telah selesai. Alhammdullilah semuanya berjalan lancar dan baik mulai dari awal hinnga selesai. Kita berdoa dan mohon doa restunya, agar Kahiyang dan Muhammad Bobby Afif Nasution bisa membangun keluarga yang sakinah, mawadah, warahmah,” kata Presiden Jokowi usai menjalani sejumlah prosesi adat Jawa yang digelar di rumahnya, Selasa (7/11) pagi.

Menurut Presiden, prosesi siraman memiliki filosofi untuk menhilangkan dan membersihkan noda – noda yang tidak baik yang ada di hati dan pikiran calon pengantin. Sebagai orang tua, Presiden Jokowi tak lupa memberikan nasehat kepada putrinya Kahiyang Ayu untuk selalu berhati – hati dan bersabar dalam membangun rumah tangga. “Kalau saya hanya hati – hati membina rumah tangga. Yang sabar, yang sabar,” tutur Presiden Jokowi.

Selain tidak mengundang tamu dari negara asing, menurut Presiden, sebagian tamu yang akan diundang dalam pernikahan putrinya ini justru berasal dari masyarakat Surakarta. “Ya kita undang dari pasar, pedagang kaki lima, serta warga dari RT/RW kita,” paparnya.

Akan bertindak sebagai Wali Nikah untuk Kahiyang Ayu dengan Muhammad Bobby Afif Nasution yakni Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menko Perekonomian Darmin Nasution.***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *