Potret Generasi M

 Potret Generasi M

Oleh: Joko Intarto

Generasi M. Tentu Anda sudah paham. Ini istilah baru di dunia pemasaran. Baru muncul dalam beberapa tahun belakangan.

Di seluruh dunia, ada lebih dari 1,8 miliar orang yang beragama Islam. Sebagian besar di antaranya berusia kurang dari 30 tahun, melek teknologi, bergaya hidup modern, berdaya beli tinggi dan inklusif. Keragaman budaya serta agama di lingkungannya bukanlah kendala dalam kehidupan spiritualnya.

Pasar inilah yang sekarang diperebutkan semua pelaku industri: produsen barang dan jasa. Generasi M memang pasar besar yang tidak boleh dipandang sebelah mata.

***

Hari ini, kosmetik yang bermutu baik dan aman saja tidak cukup. Kosmetik untuk generasi M harus bermutu baik, aman dan terjamin halal.

Wardah pun menemukan momentumnya. Menjadi produk Indonesia yang memimpin pasar kosmetika dalam negeri. Menjadi perusahaan kosmetika terbesar nomor enam dunia. Mengalahkan banyak perusahaan produk kecantikan yang telah bertahun-tahun menguasai pasar.

Pemerintah Jepang pun melihat generasi M sebagai potensi tambang devisa. Program pariwisata halal digenjot. Bandara, hotel, restoran, lembaga pendidikan dan objek wisata terus didorong untuk berstandar “ramah” bagi umat Islam. Jepang yang bukan negara berpenduduk mayoritas muslim menjadi salah satu negara tujuan wisata terfavorit kaum muslim dari seluruh dunia.

***

Saya sedang berfoto ketika sebuah tangah perempuan bergerak cepat menutup lensa kamera. “Tolong matikan handphone!” katanya dengan suara pelan tapi bernada tegas.

Ups! Ternyata pramugari Citilink. Maskapai yang akan menerbangkan saya dari Bandara Adisoemarmo, Solo, ke Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Perempuan itu kemudian tersenyum, setelah tahu handphone saya sudah dalam kondisi flight mode. “Kita segera take off,” kata pramugari berhijab satu-satunya dalam pesawat itu.

Sepuluh tahun yang lalu, saya tidak pernah bertemu pramugari berhijab dalam penerbangan regular. Saya hanya melihatnya dalam penerbangan khusus jamaah haji.

Sekarang, pramugari berhijab menjadi pemandangan biasa dalam penerbangan regular. Di semua maskapai ada walau belum mayoritas. Busaha muslimah itu ternyata tidak mengurangi kelincahan pramugari dalam menjalankan tugas: membantu para penumpang.

Indonesia merupakan negara dengan generasi M yang terbesar di dunia. Hanya pengusaha yang punya seribu cara untuk memahami lingkungannya tanpa perlu dipaksa-paksa. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *