Postingan Terakhir Bang Bir tentang “Batuk Berdarah”

 Postingan Terakhir Bang Bir tentang “Batuk Berdarah”

Birgaldo Sinaga saat sehat, dan saat dirawat di rumah sakit, sebelum wafat. (foto: ist)

JAYAKARTA NEWS – Bang Bir adalah sapaan akrab untuk Birgaldo Sinaga atau nama lengkapnya Birgaldo Hotmonang Sinaga. Ia dikenal sebagai pegiat Medsos dan aktivis kemanusiaan. Bang Bir wafat Sabtu (15/5/2021) pukul 06 WIB, karena serangan Covid-19.

Dua hari sebelum meninggal pada akun Instagramnya @birgaldo_sinaga, sempat mengabarkan kondisinya yang drop dan mengalami sesak nafas, juga batuk bercampur darah. Beliau menulis, “Man-teman seperjuangan… Kondisi saya sedikit ngedrop. Nafas sesak. Batuk bercampur darah. Doakan yang terbaik ya.”

Sempat dirawat intensif di Rumah Sakit Awal Bros Batam, Kepulauan Riau, namun salah satu staf khusus Gubernur kepulauan Riau ini harus berpulang ke pangkuanNya. Aktivis kemanusiaan dengan motto, “Salam Perjuangan Penuh Cinta” ini wafat pada umur 46 tahun.

Awalnya kabar ini diketahui dari postingan rekannya sesama pegiat media sosial Denny Siregar pada Sabtu pagi di akun facebooknya, “Bro Birgaldo Sinaga maafkan temanmu ini. Selamat jalan, kawan….” tulis Denny siregar dengan emoji menangis.

Denny Siregar ternyata beberapa jam sebelumnya juga memposting, “Bro Birgaldo Sinaga semoga baik2 saja ya. Kok perasaanku ga enak dari semalam.”

Foto kenangan Birgaldo Sinaga bersama sahabatnya, Denny Siregar. (foto: istI

Aktivis kemanusiaan yang juga rajin turun ke jalan ini, meninggalkan seorang istri yaitu Erni Susi dan seorang putri yang sedang beranjak remaja bernama Chaterine.

Sosok yang semasa hidupnya dikenal cerdas dan kritis ini adalah penulis buku Mengapa Aku Membela Ahok. Tidak hanya menulis buku, ia juga aktif turun ke jalan ikut demo tuntut keadilan untuk Ahok.

Basuki Tjahya Purnama biasa disingkat BTP atau Ahok melalui akun Instagram-nya@basukibtp, seperti yang dilihat oleh akun Instagram @berrahanson, Sabtu(15/5/2021) mengunggah foto Birgaldo Sinaga mengenakan kemeja motif kotak-kotak. Kemeja motif kotak-kotak pada Pilgub 2012 adalah ciri khas tanda dukungan untuk Jokowi-Ahok.

Postingan duka-cita Ahok (basukibtp) untuk Birgaldo Sinaga.

“Turut berdukacita yang sedalam-dalamnya atas berpulangnya saudara @birgaldo_sinaga,” tulis Ahok. “Terima kasih atas dukungannya kepada saya selama ini. Kiranya Tuhan memberikan kekuatan serta penghiburan kepada keluarga yang ditinggalkan. Rest In Peace,” sambung Ahok.

Ucapan turut berduka cita datang dari seluruh penjuru tanah air dan dari berbagai lapisan masyarakat terutama ke ruang komen rekan-rekan beliau sesama pegiat media sosial.

Donasi yang terkumpul untuk keluarga alm. Birgaldo sampai ditutup pukul 21.00, hari Senin (17/5/2021) mencapai Rp 1 .508.000.000. Sumbangan kepedulian yang dikirim ke rekening mandiri a.n. Otto Rajasa akan diserahkan kepada istri alm. Birgaldo Sinaga.

Seperti yang diunggah akun facebook Otto Rajasa sekitar pukul 22 WIB, “ Donasi untuk keluarga alm. Bang Birgaldo telah mencapai 1,5 miliar atau tepatnya Rp 1 .508.000.000,-. Dengan ini donasi ke rekening saya, saya tutup. Selanjutnya jika masih ada yang ingin berdonasi silakan lewat sahabat kita mb. Ni Luh Djelantik!,” tulis Otto Rajasa. “Terimakasih atas kepedulian semua sahabat yang sangat luar biasa,” sambung Otto Rajasa diikuti lima buah emoji cinta atau hati. Dan diakhiri dengan,”Besok pagi kita serahkan kepada mb. Erni, istri alm. Bang Birgaldo”.

Otto Rajasa dan kawan-kawan Selasa pagi (18/5/21) menuju bank Mandiri untuk mentranfer tali asih dan tanda cinta untuk alm. Birgaldo Sinaga, dana yang masuk ke rekening donasi sebesar Rp 1,509 M, kesasar ke rekening Otto Rajasa yang lain sebesar Rp 3,3 juta, jadi total Rp 1.512.300.000,-

Pada akun Instagram Denny Siregar, @dennysirregar hari sabtu (15/7/2021) menuliskan ucapan terima kasih, “Terima kasih banyak untuk bang Triawan Munaf dan Opung LBP yang sudah memastikan untuk memberikan beasiswa ke anak Birgaldo Sinaga dari SD sampai Sarjana. Orang baik bersama orang baik,” tulis Denny Siregar, diikuti emoji terima kasih.

Karangan bunga duka cita dari Presiden Joko Widodo dan Keluarga atas wafatnya Birgaldo Sinaga. (ist)

Ucapan turut berduka cita juga datang dari orang nomor satu di republik ini, yaitu dari bapak Presiden Joko Widodo.

Alm. Birgaldo Sinaga dikebumikan di pemakaman Sei Tamiang menggunakan aturan sesuai prokes pemakaman jenazah Covid-19.

Selamat jalan Lae Birgaldo Sinaga, semoga kau tenang bersama Bapa di surga. Perbuatan baikmu akan menyertaimu, “Salam perjuangan penuh cinta”. (BerraHB)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *