Polwan pun Bersepeda dan Bersepatu Roda

 Polwan pun Bersepeda dan Bersepatu Roda
Delapan polisi wanita Polresta Bogor yang membantu pengamanan car free day menggunakan sepeda dan sepatu roda. Foto: Yonathan Nugraha

MELIHAT Polisi Wanita (polwan) cantik saat ini sudah biasa. Di berbagai fasilitas umum hingga televisi menampilkan sosok polwan yang memang beda.  Mereka ramah senyum,  jauh dari kesan angker tapi tetap tangkas dan sigap dalam tugas.

Kali ini khusus kita tengok kegiatan unik mereka. Polwan bersepeda dan bersepatu roda. Jayakartanews melihat aktivitas mereka pada kegiatan ‘Car Free Day’ di sepanjang Jl. Sudirman, Kota Bogor.  Jalan santai ini memang menarik banyak minat masyarakat Bogor karena selain banyak kuliner, akses kendaraan juga ditutup. Jalan hanya boleh dilalui bagi pejalan kaki dan pesepeda.

Amrin dan Devyra

Polwan bersepeda dan bersepatu roda kelihatan menonjol di sela keramaian pejalan kaki. Selain mereka juga berpenampilan cantik, delapan orang polwan itu juga tangkas bersepeda dan bersepatu roda.

Sepintas mereka ikut berolahraga bersama masyarakat. Padahal tidak. Polwan itu sedang bertugas membantu masyarakat. “Polisi kalau berseragam pastilah sedang tugas. Polwan itu sedang membantu kelancaran dan keamanan kegiatan car free day,” jelas Brigadir Satu Polisi Wanita Devyra P didampingi seniornya Bripka Polisi Amrin.

Kata Devyra,  kegiatan polwan bersepeda sudah setahun lebih. Dibanding bersepeda, aksi polwan sepatu roda memang belum lama. Sekarang ini baru delapan personil bersepeda dan bersepatu roda.  Mereka bergilir bergantian tugas setiap hari Minggu.

Hadirnya polwan cantik di berbagai aktivitas masyarakat, dianggap sebagai daya tarik tersendiri. Mereka cukup efektif membantu pengamanan dan pengaturan beberapa event seperti car free day, perayaan cap go meh yang dihadiri Presiden Jokowi beberapa waktu lalu.

Suasana Car Free Day di Kota Bogor setiap hari Minggu. Foto: Yonathan N

Sepeda yang digunakan tentu saja tidak sama dengan sepeda polisi umumnya. Berbeda bentuk dan ukurannya dengan sepeda polisi pengontrol wilayah. Sepeda polwan cantik ini lebih kecil dan ringan.  Selain dilengkapi pedal untuk mengayuh, sepeda ini juga dilengkapi nesin eletrikal sehingga tidak banyak menggunakan tenaga manusia.

Memang polwan cantik dengan berbagai tampilan tugasnya adalah salah satu terobosan dari berbagai inovasi Polru.  Mereka lebih bersahabat dan mengayomi masyarakat.  ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *