Pesawat Angkut 200 Penumpang Mendarat di Landasan yang Salah

 Pesawat Angkut 200 Penumpang Mendarat di Landasan yang Salah

 

AWAK pesawat sebuah maskapai penerbangan Vietnam, telah disuspen  (ditangguhkan), akibat mendaratkan jet penumpang yang mengangkut 200 penumpang di landasan yang salah dan belum selesai dibangun.

Pesawat  Vietnam Airlines dengan nomor penerbangan VN7344 dari Ho Chi Minh City, mendarat di landasan pacu yang masih dalam pembangunan dan akan segera menjadi landasan kedua Nha Trang Cam Ranh International. Landas pacu belum terhubung ke bandara, dan sampai kini masih belum jelas bagaimana operator akan mengambil Airbus A321 yang terlantar.

Selama pendaratan, mesin pesawat menyedot “sejumlah benda asing dari permukaan landasan pacu”, kata Aviation Herald. Akibatnya, pesawat mengalami kerusakan ringan.

“Otoritas Penerbangan Sipil Vietnam menilai kejadian itu sebagai insiden serius, sehingga mensuspen awak pesawat, dan membuka penyelidikan kasus ini,” kata sebuah situs penerbangan.

Cuaca dan kondisi diyakini baik pada saat kejadian, yakni pada Minggu 30 April 2018.

Data pelacakan dari FlightRadar24.com menunjukkan pesawat mendarat sejajar dengan landasan operasi tunggal Cam Ranh. Landasan kedua dijadwalkan akan dibuka akhir tahun ini.

Pihak  Vietnam Airlines yang dimintai  komentarnya atas kejadian itu tidak bersedia memberikan tanggapan. Maskapai berbendera Vietnam itu melayani penerbangan  ke 64 tujuan di seluruh dunia termasuk London Heathrow. Maskapai ini didirikan pada tahun 1956.

Misidentifying runways tidak pernah terdengar dalam penerbangan. Menurut  badan global yang mengatur masalah ini, ICAO, perlu ada panduan tentang bagaimana landasan pacu yang tidak digunakan, dan  landasan pacu itu harus dicat dengan tanda X besar untuk menghindari kebingungan pilot. **

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *