Pengalaman Berwisata di Malaysia

 Pengalaman Berwisata di Malaysia
Oleh Agung Suyono

Alhamdulillah akhirnya tahun 2017 saya mendapat kesempatan menjalankan ibadah Umrah ke Tanah Suci . Berangkat dengan pesawat Air Asia yang transit di Kuala Lumpur begitu juga dengan kembalinya dari Tanah Suci. Hanya saja sekembalinya dari Tanah Suci kita sempat menginap semalam di Kuala Lumpur.

Dengan semangat atau ghirah Islam yang masih kental karena baru selesai menjalankan ibadah umrah maka kelelahan fisik tidak kita rasakan. Walaupun setibanya di Bandara Kuala Lumpur sudah tengah malam dan setibanya di hotel lewat tengah malam tetapi istirahat yang hanya beberapa jam itu cukup memadai.

Seluruh jamaah umrah yang berjumlah 50 orang bangun pagi dengan semangat untuk shalat Subuh dikamar masing masing dan menikmati sarapan pagi di hotel. Berbagai menu makanan untuk sarapan kita temukan mulai dari telur dadar atau omelette dan sandwich yaitu roti lapis dengan isi burger daging sapi dan keju atau nasi goreng .

Berbagai minuman juga tersedia direstoran hotel itu seperti teh, kopi, jus dan susu kita tinggal memilihnya sesuai selera. Setelah semua jamaah selesai sarapan kita berkumpul di depan lobby dan berfoto selfie bersama. Semua tampak ceria dan bersemangat meskipun penat dan letih fisik masih terasa.

Sekitar pukul 08.00 pagi kita check out meninggalkan hotel Transit dan mulai mengikuti perjalanan wisata di Kuala lumpur dengan mengunjungi halaman Gedung Petronas. Gedung Petronas di Kuala Lumpur merupakan icon dari Kota Kuala Lumpur yang merupakan perkantoran milik perusahaan minyak nasional Malaysia.

Setelah berfoto selfieria di halaman Gedung Petronas perjalanan wisata kota Kuala Lumpur dilanjutkan ke pusat souvernir di sana. Terdapat berbagai makanan dan minuman khas Malaysia yang sangat menarik hati untuk kita beli dan bawa pulang sebagai cendera mata bagi keluarga.

Setelah mengunjungi pusat souvernir kemudian lanjut ke Chocolate Shop dan Factory di mana kita melihat bagaimana proses produksi dan pengolahan biji coklat sampai menjadi berbagai jenis makanan yg sangat nikmat rasanya. Sebagian anggota jamaah yg masih banyak bekal uangnya membeli berbagai cendera mata dan coklat untuk dibawa pulang.

Setelah diajak berkeliling kota Kuala Lumpur Tour Guide dan Bus Driver kita membawa jamaah ke Putra Jaya yang merupakan kawasan perkantoran Pemerintah Negara Malaysia yang sangat indah ditata dan dikelola secara baik. Ada danau dan sungai di antara Gedung Gedung Megah Pusat Pemerintahan itu dan juga Masjid Raya yang sangat indah.

Bangunan Mesjid Raya di komplek Putra Jaya itu berarsitektur campuran Turki, Melayu, dan Eropa terletak di pinggir danau yang sangat indah dipandang mata. Jamaah beribadah shalat dhuhur disana dan kemudian bermuhasabah saling mengungkapkan perasaan dan pengalaman mengikuti perjalanan ibadah Umrah plus Wisata di Malaysia.

Setelah selesai beribadah shalat dhuhur dan bermuhasabah serta tak lupa berfoto selfie di depan Mesjid Raya itu kita diajak menikmati makan siang di sebuah rumah makan Jawa di tengah kota Kuala Lumpur. Rumah makan Jawa itu terletak di pinggir jalan yang ramai serta padat lalu lintasnya, berbagai menu masakan Indonesia tersedia.

Makan siang disana begitu sangat mengobati rasa dan selera makan kita semua yang selama beribadah umrah di tanah suci maupun di dalam pesawat terbang tidak pernah puas dengan menu makanan yang tersedia. Setelah makan siang di rumah makan Jawa di tengah Kota Kuala Lumpur yang sangat memuaskan dan menyenangkan itu jamaah diantar ke Bandara Kuala Lumpur untuk kembali ke Jakarta .

Walaupun hanya semalam dan sehari di Kuala Lumpur tetapi pengalaman berwisata di negeri tetangga itu sungguh sangat memberikan kesan yang mendalam sehingga terbersit keinginan untuk suatu waktu nanti kembali lagi berwisata ke sana bersama keluarga. Insya Allah. ***

*) Agung SuyonoTour Leader di Jakarta

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *