Penelitian Terbaru: Minum 25 Gelas se-Hari Aman untuk Jantung

 Penelitian Terbaru:  Minum 25 Gelas se-Hari  Aman untuk  Jantung
Ilustrasi picture–sumber aarp.org

JAYAKARTA NEWS— Minum kopi kerap menjadi kontroversi. Ada yang menyebut minum kopi baik bagi kesehatan asalkan tidak berlebih, tapi ada juga yang berpandangan negatif tentang kopi.

Yang umum kita dengar adalah minum kopi asalkan tidak lebih dari dua gelas perhari, tidak akan berdampak negatif bagi kesehatan. Tapi tahukah anda bahwa sering minum kopi bahkan sampai 25 gelas se-hari tetap aman bagi arteri dan jantung?

Bagi para pencinta kopi, minuman istimewa ini dirasakan nyaman dan membantu rasa optimis menghadapi hidup, namun yang berpandangan negatif menganggap kopi dapat merusak kesehatan mereka. Orang khawatir rutin minum kopi yang mengandung kafein, bakal mengeraskan  arteri dan berisiko pada jantung.

Mengutip dari smithsonianmag.com, hasil penelitian terbaru dari sebuah universitas di London, Inggris, menyebutkan, sedikit minum kopi ataupun banyak bahkan sampai 25 gelas, tidak berdampak pada arteri.

Hasil penelitian yang menghebohkan itu datang dari Queen Mary University of London. Penelitian yang sebagian dananya berasal dari British Heart Foundation, mengamati kesehatan arteri dan pola konsumsi kopi pada 8.412 orang lebih.

Setiap peserta dikategorikan ke dalam satu dari tiga kelompok: mereka yang minum kurang dari satu cangkir per hari, mereka yang memiliki satu hingga tiga gelas dan mereka yang minum empat hingga 25 gelas setiap hari. Sedang yang  minum lebih dari 25 gelas per hari dikeluarkan dari penelitian, karena kemungkinan mereka terlalu gelisah untuk diperiksa. Para peserta semua menjalani pemindaian MRI dari jantung mereka dan tes gelombang pulsa infra merah, yang memeriksa kekakuan arteri.

Studi sebelumnya tampaknya menunjukkan bahwa minum kopi dikaitkan dengan pengerasan pembuluh darah, suatu kondisi yang menyebabkan stres pada jantung dan dapat menyebabkan peningkatan risiko serangan jantung dan stroke.

Namun, setelah mengoreksi faktor-faktor lain seperti merokok, konsumsi alkohol, tinggi badan, berat badan, diet, jenis kelamin, etnis dan tekanan darah, para peneliti menemukan bahwa konsumsi kopi tampaknya tidak mempengaruhi kesehatan arteri.

Penelitian ini dipresentasikan di British Cardiovascular Society Conference.

Apa yang kami temukan adalah bahwa minum lebih dari tiga cangkir kopi sehari tidak secara signifikan meningkatkan kekakuan pembuluh darah dibandingkan dengan orang yang minum satu cangkir atau kurang sehari.

Kenneth Fung, yang memimpin analisis data untuk penelitian ini, mengatakan kepada Amy Woodyatt di CNN, “Pesan utama yang ingin disampaikan adalah bahwa kopi dapat dinikmati sebagai bagian dari gaya hidup sehat, dan pecinta kopi dapat diyakinkan dengan hasil ini dalam hal hasil kekakuan pembuluh darah.”

Namun begitu kata Fung, pihaknya tidak menyarankan minum kopi sampai 25 gelas.” Pada intinya  kamu mengonsumsi kopi sesuai rekomendasi. Soal risiko pembuluh darah kamu mengeras tidak berbeda dengan orang yang hanya minum secangkir kopi dalam sehari,” ujarnya.

Dalam studi kelompok dengan konsumsi kopi paling tinggi rata-rata bisa menghabiskan lima cangkir kopi dalam sehari.

Penelitian baru ini pada akhirnya tidak menentukan apakah minum kopi adalah kebiasaan bersih atau tidak bersih yang sehat, hal ini setidaknya bisa membantu menghilangkan kekhawatiran kardiovaskular yang satu ini. ***ebn

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *