Pedasnya Sego Tempong Banyuwangi

 Pedasnya Sego Tempong Banyuwangi

BERWISATA ke Kota Banyuwangi, Jawa Timur, jangan lewatkan untuk menyantap kuliner khasnya yang sangat terkenal Nasi Tempong atau Sego Tempong.

Nasi Tempong merupakan nasi campur yang berisikan nasi panas, sayuran rebus seperti bayam, kenikir, daun kemangi, serta gorengan tahu dan tempe. Disediakan juga lauk seperti ikan asin, ikan laut, empal, pepes, ayam, telur dadar, dan lainnya.

Sego Tempong ini yang spesial adalah sambal dan lalapannya pakai bayam yang direbus. Setiap penjual memiliki sambal dengan resep tersendiri. Bahannya adalah cabe rawit, tomat ranti yaitu tomat berukuran mini dengan tekstur permukaan bergelombang, gula pasir, terasi, garam dan air jeruk limau.

Sambal yang dibuat mentah tanpa digoreng itu rasanya sangat pedas. Ini membuat orang yang menyantapnya seperti di ‘tempong,’ asal kata dalam Bahasa Osing yang berarti tampar dalam bahasa Indonesia. Karena orang yang habis makan ini pipinya seperti habis ditampar.

Untuk satu porsi nasi tempong dengan lauk tambahan ayam goreng dan telur dadar serta minum dengan es teh manis harganya tidak sampai 20 ribu rupiah. Di kota Banyuwangi banyak penjual sego Tempong yang sudah terkenal. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *