Pedasnya Nasi Punel Khas Pasuruan

 Pedasnya Nasi Punel Khas Pasuruan

SALAH satu masakan khas Jatim yang cukup terkenal adalah Nasi Punel. Nasi Punel, kuliner khas Kota Bangil, Kabupaten Pasuruan. Nasi disajikan di atas piring  beralas daun pisang.

Ini mirip  dengan nasi campur dengan terdiri dari beragam lauk pauk di dalamnya. Disebut nasi punel karena tekstur nasinya yang setengah lembek.

Nasi bertaburkan  serundeng dengan lauk  berupa tahu, tempe dan ayam bumbu Bali, sambel kacang panjang  dengan potongan kacang panjang mentah yang dicampur sambel tomat, sayur nangka muda, pepes kelapa, dan beragam gorengan daging sapi, babat, usus, hingga paru yang gurih.

Yang jadi ciri khas nasi ini adalah rasanya yang pedas. Kalau tidak pedas, maka masyarakat Untuk makan nasi ini ada banyak warung makan yang menjualnya seperti Warung Nasi Punel Bu Hj. Lin di Jalan Jaksa Agung Suprapto atau persis berada di Depan kantor Telkom Bangil serta Nasi Punel Setiabudi di Jalan Gajah Mada Bangil.

Warung nasi punel ini sudah ramai sejak jam 7 pagi sampai makan siang. dikunjungi pembeli sejak dibuka mulai pukul 07.00-17.00. Namun, akan lebih ramai lagi ketika jam memasuki jam makan siang. Satu porsi nasi punel  harganya sekitar Rp16.000. Itu bergantung dari banyaknya lauk pauk yang diambil. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *