Connect with us

Kabar

Olivia Zalianty Gelar PUISI BelaNegara

Published

on

JAKARTA – Ingat, besok adalah Hari Bela Negara. Sekadar mengingatkan, penetapan Hari Bela Negara tanggal 19 Desember, dikukuhkan melaui Keppres Nomor 28 Tahun 2006, disusul pengukuhan Mr. Syafruddin Prawiranegara sebagai Pahlawan Nasional 8 November 2011.

Di tengah keprihatinan bangsa menghadapi pandemi Covid-19, sekelompok generasi muda mengambil prakarsa untuk “menolak lupa” akan pentingnya momentum Hari Bela Negara. Adalah artis Olivia Zalianty yang telah melakukan rangkaian panjang dan upaya tak henti-henti untuk terus menggelorakan semangat Bela Negara.

Besok, 19 Desember 2020 ia menggelar peringatan itu dengan serangkaian acara, mulai dari upacara bendera, peluncuran novel sejarah, pembacaan puisi Bela Negara, dan melukis. Olivia adalah Ketua Yayasan Generasi Lintas Budaya. Keseluruhan kegiatan dikemas dalam acara “PUISI BelaNegara.”

Mematuhi anjuran pemerintah, maka upacara bendera dilakukan secara virtual taping di halaman TVRI, Minggu 13 Desember 2020 lalu. Peserta upacara antara lain relawan BNPB, Kwarnas Pramuka, Perpusnas, Karyawan TVRI, dan seniman generasi lintas budaya. Bertindak selaku pembina upacara adalah Prof Jimly Assiddiqie, SH, Ketua Mahkamah Konstitusi 2003 – 2008 sekaligus Penasihat Yayasan Generasi Lintas Budaya.

Olivia Zalianty membacakan PUISI BelaNegara. (ist)

Besok, Olivia juga mengkoordinir acara peluncuran novel roman sejarah kisah nyata pejuang PDRI (Pemerintahan Darurat Republik Indonesia). Roman sejarah berlatar belakang kisah nyata pejuang PDRI bernama Awaludin Latief. Satu larik kisah menarik, yang ditulis ke dalam dua versi novel oleh dua orang penulis: Sri Iswati dan Decy C. Capriconadri. “Grand launching novel roman sejarah akan dilakukan secara virtual,” ujar Olivia.

Masih dalam rangkaian kegiatan Peringatan Hari Bela Negara, panitia juga menggelar webinar live virtual Hari Bela Negara dengan pembicara utama Prof Jimly Assiddiqie, SH, sejarawan LIPI, DR Asvi Warman Adam LIPI, dan Prof Anhar Gonggong. Acara ini akan dibuka Kepala Perpustakaan Nasional RI, didahului laporan Olivia Zalianty selaku Ketua Yayasan Generasi Lintas Budaya.

Nuansa peringatan Hari Bela Negara akan semakin kental dengan acara selanjutnya, yaitu Puisi Bela Negara Generasi Lintas Budaya. Para pembaca puisi bela negara esok, antara lain KH Mustofa Bisri (Gus Mus) dan sejumlah artis seperti Happy Salma, Inne Febrianti, Marcella Zalianty, Prily Latuconsina, Sha Ine Febrianti, Reza Rahadian, Lukman Sardi, Widyawati.

“Terakhir, kami akan mengadakan gimmick menarik berupa Kuis Bela Negara. Makanya, stay tune di di akun YouTube ‘Perpustakaan Nasional RI’ dan aplikasi zoom,” tambah Olivia. (rr)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *