Nasihat Steve Jobs untuk Membangun Karier Terbaik Anda

 Nasihat Steve Jobs untuk Membangun Karier Terbaik Anda

Tanpa nasihat ini, kehidupan anda akan terkubur oleh kebingungan. Kehidupan dimana prioritas orang lain mendikte waktu yang ada gunakan. Ketika anda bergerak dari satu kegiatan ke kegiatan lain, mungkin anda behasil melakukan banyak hal — namun ada sedikit saja yang selesai sangat bagus.

Atau anda mungkin berada pada posisi dimana hidup anda di atur oleh penundaan-penundaan (tdak ada waktu) — dimana hal besar berantakan karena media sosial, termasuk You Tube.

20 tahun lalu, Steve Jobs menjawab soal ini.

Ketika itu, Steve Jobs baru saja kembali ke Apple, perusahaan yang ‘menendangnya’ sepuluh tahun lalu. Dia sedang menjawab berbagai pertanyaan dari para pengembang perangkat lunak dalam Konferensi Dunia Pengembang Apple. Ketika itu, seseorang mengangkat topic ‘OpenDoc’, sebuah kerangka kerja perangkat lunak yang ditutup Jobs sesaat setelah dia kembali mengepalai Apple.

Menjawab pertanyaan soal ‘OpenDoc’, Jobs juga memberi nasehat bijaknya, “Saya tahu banyak dari kalian menghabiskan waktu dengan itu (OpenDoc) yang kami bunuh. Saya minta maaf. Saya ikut merasakan sakit hati anda.” Para peserta konferensi tertawa mendengar jawaban ini.

Dia meneruskan, “Tapi Apple menderita selama beberapa tahun karena manajemen rekayasa teknik yang buruk. Dan ada orang-orang yang berjalan ke 18 arah yang berbeda — yang bisa saja sangat menarik dari tiap arah itu. Insinyur yang bagus. Manajemen buruk.

Dan apa yang terjadi adalah, anda melihat sebuah lahan pertanian yang sudah selesai diolah, dengan semua hewan yang berjalan ke segala arah, dan tidak menambah manfaat apa-apa. Hasil total lebih rendah dari jumlah keseluruhan. Karena itu kami harus memutuskan, secara fundamental arah mana yang akan kami ambil? Dan apa yang masuk akal dan apa yang tidak? Dan ada banyak hal yang tidak. Dan secara mikro mereka mungkin masuk akal, secara makro tidak masuk akal.

Ketika anda berpikir mengenai fokus, anda pikir, tentu saja, fokus adalah soal mengatakan ya dan tidak. Fokus adalah mengatakan TIDAK.”

Kemampuan mengatakan tidak mungkin adalah kemampuan terbesar Jobs. Ketika Apple memanggil Jobs kembali, perintah pertamanya adalah mengurangi lini produk — dan memastikan apa saja yang diproduksi Apple, maka hasilnya adalah sangat bagus.

“Steve adalah orang yang sangat fokus, yang pernah saya temui dalam hidup saya, “ ujar Jony Ive, kepala bidang desain Apple dan Steve Jobs pernah menggambarkannya sebagai mitra spiritualnya. Dalam wawancara dengan Vanity Fair beberapa tahun lalu, Ive menjelaskan kenapa mencapai fokus tidaklah semudah kelihatannya.

Ive mengatakan ‘boss’-nya sering bertanya kepadanya,”Berapa banyak kamu harus mengatakan tidak. Saya menjawab, saya katakan tidak pada hal ini dan hal itu. Tapi dia tahu bahwa saya sebenarnya tidak tertarik dengan hal-hal tersebut.”

“Apa arti fokus adalah mengatakan tidak kepada apa yang anda pikir — dengan keseluruhanpemahaman anda — adalah ide yang luar biasa. Dan anda selalu memikirkannya. Tapi anda mengatakan tidak karena anda sedang fokus pada hal lain.”

Apapun peranan atau posisi anda, anda selalu menghadapi pilihan-pilihan tindakan, dari pekerjaan anda, setiap hari. Apakah saya perlu mengikuti pertemuan ini? Apakah saya benar-benar ingin mengambil klien atau proyek ini? Apakah saya berfokus pada tugas ini dengan mengorbankan hal lain?

Bagi banyak orang, tidak mudah untuk mengatakan tidak. Anda mungkin mencoba merasionalisasikannya; “Saya tidak ingin menyakiti hati orang lain. Mereka tidak akan mengerti. Saya akan cari jalan agar semua pekerjaan itu bisa selesai.”

Belajar mengatakan TIDAK dimulai dengan mempertajam kecerdasan emosional — kemampuan membuat emosi mendukung anda dan bukan menentang anda. Dengan menolak emosi sesaat yang mengarah kepada keputusan permanen, anda menyadari bahwa kehilangan fokus akan menyebabkan penyesalan.

Karena itu, jangan melakukan semua hal dengan coba-coba. Tapi lakukan dengan benar. Karenanya, pilihlah dengan bijak. Pada saat anda menyatakan ya pada hal yang sebenarnya anda tidak kehendaki, sebenarnya anda menyatakan tidak kepada hal-hal yang anda inginkan.

Sumber: inc.com

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *