Menparekraf Optimistis Pelaku Ekraf Cilegon Mampu Hadirkan Lapangan Kerja Baru

 Menparekraf Optimistis Pelaku Ekraf Cilegon Mampu Hadirkan Lapangan Kerja Baru

Menparekraf Sandiaga saat menghadiri acara Pameran AKI 2022 di Cilegon Center Mall, Banten, Minggu (17/7/2022). (Kemenparekraf)

JAYAKARTA NEWS – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi karya para pelaku ekonomi kreatif di Kota Cilegon yang tampil dalam acara Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022 dan optimistis para pelaku ekraf dapat menciptakan lapangan kerja baru.

Menparekraf Sandiaga saat menghadiri acara Pameran AKI 2022 di Cilegon Center Mall, Banten, Minggu (17/7/2022), merasa kagum dengan hasil karya pelaku ekonomi kreatif yang sudah terkurasi. Menurutnya produk yang ditampilkan tidak hanya mampu bersaing secara nasional tapi juga internasional.

Sebut saja produk olahan kayu dari Nalaktak Kai Woodworking, karya Sesa Susanti. Ia dinilai berhasil melawan stigma, yang mana pekerjaan berat yang berhubungan dengan olahan kayu biasanya didominasi oleh pria.

Sehingga tak sedikit pihak yang pada awalnya meragukan bakatnya, namun Sesa tidak pantang menyerah untuk terus melakukan hal yang ia sukai sampai bisa membuka lapangan kerja yang lebih luas dan produk olahan kayu seperti meja, kursi, hingga pajangan rumah yang ia produksi terkenal hingga ke mancanegara.

Selain Nalaktak Kai Woodworking, ada pula 26 pelaku ekraf lainnya dengan produk yang tidak kalah berkualitas. Seperti brand Iqbal Art seorang difabel yang mampu menawarkan ukiran dinding dari kayu, lalu kuliner (dessert box), hingga baju rajutan dengan kualitas terbaik di Kota Cilegon.

“Hari ini saya sangat kagum, optimistis dan penuh harapan melihat para pelaku ekonomi kreatif, para UMKM menampilkan karya-karya terbaiknya dan kita berkunjung ke 27 booth UMKM yang levelnya mungkin sudah bukan lagi level lokal, tapi level nasional dan internasional,” kata Menparekraf Sandiaga.

Menparekraf Sandiaga yakin penciptaan lapangan kerja baru di provinsi Banten ini mampu diwujudkan. Hal ini juga dibarengi dengan program-program Kemenparekraf/Baparekraf yang tepat sasaran, diantaranya Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif, hingga acara pada hari ini Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI).

“Satu tahun yang lalu saya mendapat laporan banyak yang kehilangan lapangan pekerjaan. Tapi ternyata dengan kebijakan yang lebih merangkul kepada kemudahan perizinan, kebijakan yang membuka peluang kolaborasi, sekarang kota Cilegon dan provinsi Banten berhasil menurunkan nilai pengangguran. Jadi ini patut kita berikan apresiasi,” ujar Sandiaga.

Berkat kolaborasi yang kuat antara Kemenparekraf/Baparekraf dengan pemerintah daerah hingga dunia usaha yang telah menyelenggarakan AKI 2022, Menparekraf Sandiaga optimistis target 4,4 juta lapangan kerja baru tahun di 2024 dapat tercapai.

Saya ucapkan sekali lagi terima kasih atas kolaborasinya hari ini. Saya yakin 2024 kita akan ciptakan 4,4 juta lapangan kerja baru yang berkualitas,” kata Sandiaga.

Dalam kesempatan yang sama, pelaku Ekraf Nalaktak Kai Woodworking, Sesa Susanti menjelaskan bisnisnya dimulai saat ia ditolak ketika melamar kerja karena dinilai tidak memiliki pengalaman dan kemampuan yang baik. Padahal bakat yang dimiliki oleh Sesa Susanti ini sangat luar biasa, apalagi untuk seorang wanita.

Karenanya ia berpesan kepada pelaku ekraf lain untuk jangan patah semangat ketika menerima pahitnya kegagalan. Tapi jadikanlah itu sebuah langkah baru untuk menuju kesuksesan. Dan bagi yang ingin memulai usaha mulailah dengan apa yang disukai atau loving what you do, gunakan apa yang kita punya, dan start where you are.

“Karena memberikan inspirasi terhadap pelaku UMKM lainnya tidak perlu menjadi sempurna, tapi biarkan orang terinspirasi dari bagaimana cara kita mengatasi ketidaksempurnaan itu,” katanya.

 Pada kesempatan tersebut Menparekraf juga berhasil meyakinkan owner Cilegon Center Mall (CCM) Bapak James Hartono mengenai pentingnya kolaborasi dan dukungan terhadap finalis AKI, sehingga owner CCM menawarkan dan memberikan kesempatan berupa space di lantai 2 mall tersebut untuk dapat memfasilitasi pelaku UMKM, khususnya finalis AKI yang berminat untuk dapat memasarkan produknya disana.

Turut mendampingi Menparekraf Sandiaga Direktur Kuliner, Kriya, Desain dan Fesyen Kemenparekraf/Baparekraf, Yuke Sri Rahayu dan Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf/Baparekraf, I Gusti Ayu Dewi Hendriyani.

Hadir pula Pj. Gubernur Banten, Al Muktabar; Walikota Cilegon, Helldy Agustian; dan Executive Chairman Yestar International Holdings, James Hartono.***/mel

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.