Menkeu Berpesan Kepada Seluruh Jajaran Untuk Dapat Menjadikan Kementerian Keuangan Lebih Baik

 Menkeu Berpesan Kepada Seluruh Jajaran Untuk Dapat Menjadikan Kementerian Keuangan Lebih Baik

Menkeu Sri Mulyani Indrawati saat pembukaan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) DJPB 2022 di Jakarta, Rabu (26/10). (Kemenkeu)

JAYAKARTA NEWS – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan kepada seluruh jajaran Kementerian Keuangan untuk selalu berkomitmen memberikan yang terbaik dalam menyelesaikan tugas-tugasnya, memiliki prestasi yang baik, dan menjadikan organisasi Kementerian Keuangan termasuk Direktorat Jenderal Perbendahraan (DJPb) untuk terus lebih baik.

Dalam hal ini, Menteri Keuangan juga menceritakan tentang perjalanan keuangan negara dan sejarah dari transformasi dan reformasi yang dilakukan oleh DJPb melalui pembentukan Undang-Undang (UU) perbendaharaan Nomor 1 tahun 2004 dan UU nomor  17 tahun  2003.

“Itu adalah karya dari legislasi yang mengubah cara kita mengelola keuangan negara secara fundamental. Itu adalah bukan milestone yang biasa-biasa saja. Inilah yang mengubah Kementerian Keuangan terutama Direktorat Jenderal perbendaharaan sebagai treasurer dari Republik Indonesia,” ungkap Menkeu dalam pembukaan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) DJPB tahun 2022 di Jakarta, Rabu (26/10).

Menkeu lanjut menyebutkan, bahwa sudah banyak prestasi yang telah diukir oleh DJPb selama kurun waktu sejak dibentuknya UU tersebut, diantaranya dengan meraih status wajar tanpa pengecualian (WTP) dalam Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), jumlah Badan Layanan Umum (BLU) yang terus meningkat, membuat berbagai instrumen inovasi sistem pengelolaan keuangan negara, serta respon yang cepat dalam menghadapi guncangan ekonomi baik di dalam negeri hingga global.

“Itu adalah bagian dari peta keuangan negara akan terus-menerus dihadapkan pada berbagai guncangan-guncangan yang tidak mudah. Ini adalah prestasi dan kinerja Anda. Dalam kurun waktu 18 tahun meskipun dengan berbagai guncangan, Anda terus reform dan improve bahkan berinovasi,” lanjutnya.

Selain itu, kualitas dari pengelolaan keuangan negara juga terus mengalami perbaikan dengan penggunaan digital teknologi yang semakin berkembang, baik dari sisi pelayanan, bisnis proses, hingga data analytic. Namun dikatakan Menkeu, meskipun memiliki banyak prestasi juga masih terdapat banyak hal yang perlu untuk terus diperbaiki.

“Jadi itu adalah sebuah evolusi reform yang anda lakukan sebagai treasurer yang mengelola dan mengamankan keuangan negara. Namun Cash management dan How you perform sebagai Treasurer Treasury manajemen menurut saya masih perlu untuk terus diperbaiki,” ujar Menkeu.

Dengan begitu Menkeu berharap, agar kedepan DJPb dapat secara profesional membawa instrumen fiskal negara mencapai milestone terakhir, yaitu mencapai dampak dan tujuan-tujuan pembangunan, memperbaiki kinerja ekonomi dan kesejahteraan rakyat, hingga tercapai pemerataan.

“Meskipun begitu banyak prestasi inovasi yang telah anda buat kita masih belum mencapai apa yang ingin kita capai,  yaitu cita-cita ambisius untuk membuat keuangan negara betul-betul bekerja berfungsi secara amanah dengan membuat fungsi stabilisasi, alokasi, distribusi dan tetap sustainable, serta Akuntabel, berintegritas, dan dapat dipercaya” pungkasnya.

Menkeu juga meminta, agar seluruh jajaran tidak pernah lelah untuk belajar dan terus meningkatkan kapasitas organisasi dan para pegawainya, bahkan bila harus belajar hingga ke seluruh dunia.

“Cari tahu seluruh dunia enggak cuma di seluruh Indonesia, tapi seluruh dunia. Lihat semua negara di dunia, mana praktek treasurer yang paling baik di dunia.  Pelajari, kuasai, terapkan,” pinta Menkeu.

Terakhir, Menkeu juga menyampaikan apresiasinya terhadap seluruh jajaran DJPb dan Kementerian Keuangan secara luas atas kerja kerasnya dalam menjalankan tugas perbendaharaan meskipun dihadapkan pada risiko yang tidak mudah akibat pandemi, serta dapat tetap menjaga lima nilai Kementerian Keuangan.

“Integritas, profesionalisme, sinergi, supaya Anda semuanya bisa melayani menuju kesempurnaan. Jadi lima value kementerian keuangan jangan dilupakan,” tutupnya.***/uli

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.