Menggagas “Kantor Berita” Asian Games

 Menggagas “Kantor Berita” Asian Games

BEBERAPA bulan lagi, Indonesia akan punya gawe besar sebagai tuan rumah penyelenggaraan Asian Games. Inilah ajang kompetisi olahraga antarnegara yang bisa menjadi media untuk mempromosikan Indonesia di ajang internasional.

Terkait dengan peluang itu, panitia pelaksana Asian Games membutuhkan sebuah sistem publikasi informasi yang bisa diakses semua pengelola media secara mudah, murah dan legal.

Selama ini, pengelola media mendapatkan informasi dengan du acara. Pertama, melakukan liputan langsung. Kedua, membeli informasi dari kantor berita.

Tetapi kedua cara tersebut hanya lazim dilakukan para pengelola media yang punya cukup ‘’moal’’. Nah, bagaimana dengan pengelola media personal seperti blog, website lokal, stasiun radio lokal, koran lokal dan stasiun TV lokal yang punya banyak keterbatasan?

Pilihannya ada dua. Pertama, mengambil berita dari media lain kemudian dilakukan proses rewriting untuk diterbitkan di medianya. Kedua, tidak memberitakan sama sekali.

Mengapa begitu? Sederhana saja. Semua bermuara pada masalah legal. Karena semua konten memiliki hak cipta dan hak siar. Karena semua konten memiliki royalty. Daripada ruwet berperkara, lebih baik tidak menyiarkan sama sekali.

Sayang dong, event sebesar itu kalau akhirnya disiarkan hanya oleh beberapa media saja.

Ada solusinya. Panitia Asian Games bisa menyediakan fasilitas khusus yang disebut access system. Fungsinya mirip kantor berita. Menyediakan aneka informasi dalam bentuk berita (artikel, audio dan video) yang bisa diakses secara gratis dan dijamin legal.

Caranya? Buat tim produksi konten dan siapkan platform aksesnya.

Perusahaan saya punya pengalaman menyediakan access system. Klien yang pernah saya tangani beragam. Mulai lembaga peradilan, lembaga partai politik, lembaga amil zakat hingga jaringan media.

Menyediakan sistem untuk mengakses konten secara gratis dan legal adalah strategi agar semakin banyak pengelola media – korporasi maupun pribadi – bisa membuat konten untuk medianya secara mudah, murah dan aman dari risiko hukum. ***

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.