Mendagri Resmi Lantik Heru Budi Hartono Jadi Penjabat Gubernur DKI Jakarta

 Mendagri Resmi Lantik Heru Budi Hartono Jadi Penjabat Gubernur DKI Jakarta

Heru Budi Hartono sebagai Penjabat Gubernur DKI Jakarta/foto: Puspen Kemendagri

JAYAKARTA NEWS— Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian resmi melantik Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono sebagai Penjabat Gubernur DKI Jakarta menggantikan Anies Baswedan. Pelantikan berlangsung di Gedung Sasana Bhakti Praja Kantor Pusat Kemendagri, Senin (17/10/2022).

Pelantikan ini dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) Republik Indonesia (RI) Nomor 100/P Tahun 2022. “Saya Menteri Dalam Negeri atas nama Presiden Republik Indonesia dengan resmi melantik Saudara Heru Budi Hartono, S.E., M.M, sebagai Penjabat Gubernur DKI Jakarta,” ujar Mendagri.

Dalam sambutannya, Mendagri menjelaskan, pelantikan tersebut merupakan konsekuensi atas berakhirnya masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Selain itu, penugasan penjabat tersebut, kata dia, telah melalui proses seleksi termasuk Sidang Tim Penilai Akhir (TPA) yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo.

“Maka kekosongan itu diisi oleh penjabat, penjabat ini sudah melalui seleksi dan khusus untuk DKI Jakarta adalah 3 nama yang diajukan oleh DPRD yang di TPA-kan,” terang Mendagri.

Mendagri mengatakan, Heru bukanlah orang baru bagi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Dirinya meyakini Heru telah memahami langkah yang perlu dilakukan dalam menjalankan tugasnya sebagai Penjabat Gubernur DKI Jakarta.

Mendagri berharap, Heru dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Hal ini misalnya dalam menangani dampak pandemi Covid-19 yang masih ada. Di samping itu, juga menangani berbagai tantangan lainnya, seperti gejolak ekonomi, krisis pangan dan energi yang berimbas pada ekonomi dan keuangan global, serta tantangan lainnya.

“Nah oleh karena itu, mari kita bekerja sama nanti untuk menangani bersama-sama permasalahan dampak-dampak yang akibat nanti mungkin adalah inflasi dan lain-lain,” terangnya.

Sementara itu, Heru mengatakan, sejumlah poin yang menjadi penekanan Mendagri bakal dimasukkan dalam program kerjanya pada 2023. Hal itu termasuk yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Provinsi DKI Jakarta. “Dan tentunya pembangunan-pembangunan yang bagus dan baik untuk masyarakat pasti saya akan lanjutkan,” ujar Heru.

Selain melantik Penjabat Gubernur DKI Jakarta, dalam kesempatan itu Mendagri juga melantik Staf Ahli Gubernur Papua Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan Cyfrianus Yustus Mambay menjadi Penjabat Bupati Kepulauan Yapen. Kemudian dilantik pula Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Papua Marthen Kogoya sebagai Penjabat Bupati Tolikara.***/ebn

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.