Masakan Rakyat Selera Pejabat

 Masakan Rakyat Selera Pejabat
Makan menu “ndas mangut” di Warung Bu Anna Semarang, sungguh pengalaman kuliner tak terlupakan. Foto-foto: Resti Handini.

MANGUT Kepala Manyung (Mangut Ndas Manyung) (MKM) adalah masakan khas daerah Kabupaten Pati dari Kecamatan Juwana. Bagi penggemar makanan rasa pedas bisa mencoba olahan masakan berbahan dasar kepala ikan Manyung dan racikan bumbu rempah, yang memiliki rasa pedas.

Meski MKM berasal dari Pati, di Semarang bisa kita peroleh di resto-resto ataupun di warung. Bahkan kebanyakan menduga kalau MKM ini asalnya dari Semarang. Makanan berbahan dasar kepala ikan memang banyak di daerah lain, tetapi dengan rajikan bumbu yang beda dan tidak pedas.

Di Semarang ada beberapa tempat yang menyediakan MKM dan sudah terkenal kelezatannya. Salah satunya Warung bu Anna (WbA) yang belokasi tepat di samping pintu masuk Taman Mini Indonesia, Jawa Tengah Maerokoco, PRPP Semarang. Sekilas kita melihat warung bu Anna sangat biasa, tidak beda dengan warung warung di tepi jalan, sederhana sekali.

Karena kelezatannya, pelanggan yang makan di situ tidak saja dari Semarang, tapi dari luar kota. Di saat istirahat makan siang, sejumlah mobil mewah dan motor parkir di depan WbA. Warung milik ibu dari tiga puteri dan nenek dari tiga cucu ini terkenal menyajikan MKM yang lezat dan tentu saja pedas.

Sensasi makan yang tidak akan ditemui ketika kita menyantap makanan lain adalah dengan menikmati daging ikan yang masih menempel di rongga rongga kepala ikan. “Sebegitu lezat dan pedas nya, mertua lewat pun, bisa bisa kita tidak liat, ” ujar Joko, bapak dari dua orang putera ini.

Warung yang buka dari pukul 10.00 pagi hingga pukul 17.00 sore tidak hanya menyajikan  MKM, juga lauk lainnya yang tidak kalah lezatnya. Sebut saja udang kremes atau lebih terkenal dengan udang gimbal. Cumi masak hitam, oseng srimping.dan tersedia pula kepiting.

Harga? Tentu saja terjangkau. Untuk seporsi MKM kecil dihargai Rp 40 ribu. Udang gimbal ukuran lebih besar dari bola tenis dihargai Rp 15 ribu. Sayur oseng Rp 5 ribu. “Biasa dihitung jika makan sepiring nasi dg 3 macam lauk dihargai Rp 15 ribu,” tutur seorang pelanggan yang tidak ingin disebutkan namanya.

Penasaran dengan MKM, datang dan buktikan masakan merakyat selera pejabat ini.***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *