Masa Karantina WNA dan WNI yang telah Terima Vaksin Booster 3 Hari dengan Syarat

 Masa Karantina WNA dan WNI yang telah Terima Vaksin Booster 3 Hari dengan Syarat

Ilustrasi–foto Nandhu Kumar/pexels.com

JAYAKARTA NEWS— Mulai minggu depan bagi PPLN (Pelaku Perjalanan Luar Negeri) baik WNA dan WNI, yang telah melakukan booster, lama karantina dapat berkurang menjadi 3 hari dengan syarat di antaranya;  tetap melakukan entry dan exit test PCR.

Exit test PCR dilakukan di hari ketiga di pagi hari dan PPLN dapat keluar ketika hasil negatif keluar, serta PPLN yang sudah selesai karantina dihimbau tetap melakukan PCR test mandiri di hari kelima dan melaporkan kondisi kesehatan kepada puskesmas dan faskes terdekat.

Demikian disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan dalam siaran pers PPKM, Senin (14/2/2022).

“Pemerintah sangat berhati-hati dalam menerapkan kebijakan karantina bagi PPLN. Ketika beberapa negara di dunia sudah menerapkan bebas karantina untuk masuk ke negaranya, Pemerintah akan tetap menerapkan kebijakan karantina 5 hari bagi PPLN. Namun mulai minggu depan bagi PPLN, baik WNA dan WNI, yang telah melakukan booster, lama karantina dapat berkurang menjadi 3 hari dengan syarat,” jelasnya sebagaimana dikutip dari siaran pers Kemenko Marves, (14/2/2022).

Ke depan, lanjut Menko Luhut, jika situasi terus membaik, Pemerintah berencana pada 1 Maret, hari karantina akan diturunkan menjadi 3 hari untuk seluruh PPLN. Lalu jika situasi terus membaik dan vaksinasi terus meningkat, tidak menutup kemungkinan pada 1 April PPLN kita tidak akan lagi menerapkan karantina terpusat bagi PPLN.

“Namun sekali lagi, ini bergantung pada situasi pandemi dan upaya kita mengendalikan penyebaran kasus. Kita semua bertanggung jawab di sini untuk membuat negeri kita aman,” tegasnya.***din

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.