Mang Engking Gombong Rasa Bali

 Mang Engking Gombong Rasa Bali
Mang Engking Putra yang berada di Kretek, Rowokele, Gombong – Kebumen, berada di tepian sawah. Foto: Roso Daras

GOMBONG rasa Bali. Atau Gombong rasa Lembang. Itu yang hendak “dijual” dari restoran Sunda, Gubuk Mang Engking. Khusus lokasi di Gombong, Kebumen, brand Mang Engking ditambah kata “Putra”. “Itu karena dikelola putra putra Mang Engking,” ujar Direktur PT Mang Engking Group Apep Zuhdi.

Resto Mang Engking Putra yang berlokasi di Kretek, Rowokele, itu berada di pinggir jalan negara. Persisnya ada di kanan jalan dari Jakarta ke arah Yogyakarta, atau kiri jalan dari Yogyakarta ke arah Jakarta. Sebagai outlet ke-17, Mang Engking Putra lekas menyedot perhatian masyarakat.

Bukan saja lokasinya yang di tepi jalan negara, tetapi 10 saung tradisional dan 1 saung utama itu juga didesain sedemikian rupa, sehingga di pinggir berbatas sawah teras siring, sedang di tengah berbatas langsung kolam ikan. Selain menjanjikan udara segar tepi sawah, pengunjung juga bisa bercengkerama dengan ikan-ikan yang lincar dan rakus berebut nasi yang ditebar pengujung.

Sejak diresmikan oleh Wakil Bupati Kebuman, Djuwarni, pada Februari 2015, Mang Engking Putra Gombong, menjadi tempat favorit, tidak saja bagi masyarakat Kebumen, tetapi juga bagi pelalu-lalang rute Purwokerto – Yogyakarta.

Pendek kata, rumah makan khas Sunda yang berslogan “Dari Desa untuk Indonesia” itu, dari waktu ke waktu terus mengembangkan sayapnya. Jika outlet di Gombong adalah outlet ke-17, maka outlet ke-18 ada di Yogyakarta, dan outlet ke-19 ada di daerah Sumatera.

Menu makanan yang disajikan, relatif tidak terlalu istimewa dari sisi varian. Mang Engking Putra menyajikan sajian utama udang galah madu dan gurame bakar cobek. Yang bisa dibilang luar biasa barangkali pada racikan bumbu yang bersifat kondisional.

Artinya, Mang Engking di Jawa, akan bercirarasa lebih manis dibanding outlet di luar Jawa. Mereka memainkan takaran atau kadar keasinan, kemanisan, dan kepedasan masakan sesuai lokasi di mana outlet itu berdiri. Secara umum, cita rasa masakan Mang Engking enak. ***

Restoran Mang Engking Putra, di Rowokele, Kebumen. Satu sisi berpemandangan sawah, sisi yang lain adalah kolam ikan. Foto: Roso Daras
Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *