Makanan Berformalin di Pasar-pasar Pandeglang

 Makanan Berformalin di Pasar-pasar Pandeglang
Bupati Pandeglang, Hj. Irna Narulita saat Sidak bahan makanan di Pasar Cadasari, Selasa (30/05). Foto: Andang Suherman

PEDAGANG yang menjual makanan di pasar baik makanan cepat saji, lauk-pauk, buah-buahan dan sayuran harus jeli membeli dari agen. “Saya perintahkan Dinas Perdagangan bersinergi dengan Balai POM Serang untuk terus memantau, jangan sampai beredar bahan makanan yang mengandung formalin.  Sotong, tahu, dan cilung seringkali dicampur formalin,” ujar Bupati Pandeglang, Hj. Irna Narulita saat Sidak bahan makanan di Pasar Cadasari, Selasa (30/05).

Bupati mengatakan bila masih ada pedagang yang sengaja menjual makanan berbahaya padahal sebelumnya sudah dilarang, akan dikenakan sanksi. “Masih banyak masyarakat yang belum paham, baik penjual ataupun pembeli, tentang jenis makanan yang dicampur formalin. Karena itu BPOM tadi bilang akan terus melakukan sosialisasi ke pasar-pasar yang lain,” sambungnya.

Sementara Kepala Balai POM Serang Nurjaya Bangsawan menjelaskan sidak ini dalam rangka mengantisipasi makanan berbahaya yang didikosumsi untuk berbuka puasa. “Kita menemukan tiga jenis makanan yang mengandung formalin dan boraks pada tahu putih, cilung, dan nugget sotong. Kedua zat tersebut sangat berbahaya bagi tubuh selain dapat mengganggu pencernaan, dapat juga menyebabkan kanker,” jelasnya.

Di tempat yang sama Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Pandeglang, Tatang Efendi mengungkapkan timnya bekerjsama dengan tim dari BPOM dan Dinas Perdagangan Provinsi Banten melakukan monitoring ke setiap pasar untuk lakukan tes terhadap makanan yang digunakan untuk berbuka puasa. “Barusan ibu (Bupati) menemukan pedagang yang menjual makanan dengan bahan berbahaya, tetapi sementara bupati menginginkan jangan ditindak dahulu, melainkan harus diberikan arahan dan sosialisasi. Kalau masih kedapatan menjual bahan makanan mengandung formalin dan boraks, akan kami tindak,” tegasnya. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *