LSP Piala Menpora 2017 Resmi Bergulir

 LSP Piala Menpora 2017 Resmi Bergulir
Peresmian Liga Sepakbola Pelajar Piala Menpora.

KEMENTERIAN Pemuda dan Olahraga (Kemenproa) resmi membuka Liga Sepakbola Pelajar (LSP) U-14 memperebutkan Piala Menpora 2017 di Stadion Mutiara Kota Kisaran, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, Kamis (25/5). Pembukaan ditandai dengan seremonial kick-off tendangan penalti secara bergantian yang dilakukan Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta, Asdep Olahraga Pendidikan, Arifin Majid, serta Asdep Sentra dan SKO, Teguh Raharjo.

Dengan demikian, kompetisi sepakbola junior bergengsi yang diikuti 372 kabupaten/kota se-Indonesia ini resmi bergulir. Turut hadir dalam seremonial tersebut Direktur Usia Muda PSSI Ricky Yakobi yang mewakili Ketua Umum Letjend TNI Edy Rahmayadi dan Asisten I Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Asahan, Taufik Zainal Siregar yang mewakili Bupati Taufan Gama Simatupang.

Acara peresmian tersebut berlangsung meriah. Ribuan warga memadati Stadion Mutiara. Tak ketinggalan Ketua KONI Asahan, Nurkarim Nehe dan unsur Muspida Kabupaten Asahan lainnya turut hadir meramaikan acara seremonial.

Laga pembuka dalam kick-off nasional LSP 2017 ini antara PS Bakrie Asahan melawan Putra Tanjung Balai, kemudian defile 24 tim peserta. Kemeriahan semakin terasa ketika sebanyak 500 muda-mudi menampilkan Tarian Tao Toba Nauli. Acara ditutup dengan laga persahabatan antara Timnas Pelajar U-16 binaan Kemenpora yang dipersiapkan ke Gothia Cup 2017 di Tiongkok melawan PS Asahan U-15 Plus.

Meski seremonial baru saja dilaksanakan di Kisaran, tetapi pelaksanaan pertandingan LSP U16 Piala Menpora hingga saat ini sudah berjalan di 12 provinsi dari 34 provinsi yang ada. Hal tersebut, dilakukan karena waktu pelaksanaan seri nasional yang cukup mepet belum lagi jumlah peserta masing-masing daerah berbeda, sehingga beberapa provinsi sudah memainkan pertandingan terlebih dahulu.

Sementara itu, Penanggunjawab LSP U-14 Piala Menpora, Subagja Suihan juga mengaku senang karena acara pembukaan berlangsung meriah. LSP U-14 Piala Menpora untuk seri kabupaten/kota akan berlangsung di 372 kabupaten/kota dengan total jumlah tim mencapai 4080 tim. Nantinya para juara dari tingkat kabupaten/kota berhak maju ke putaran final tingkat provinsi.

Selanjutnya, juara di tingkat provinsi berhak melaju ke putaran final yang akan digelar di Magelang, Jawa Tengah bersamaan dengan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang jatuh pada tanggal 9 September.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Panpel Armen Margolang menyambut gembira kepercayaan yang diberikan Kemenpora kepada daerahnya menjadi tuan rumah kick-off LSP Piala Menpora 2017. Dikatakannya, event ini sangat bermanfaat dan menjadi dorongan sekaligus motivasi bagi para pelajar dan pemuda di daerahnya untuk berprestasi.

“Event ini adalah berkah bagi Kabupaten Asahan dan Sumut. Karena Asahan sebenarnya kaya akan bibit-bibit pemain sepak bola. Hanya saja terkendala karena minimnya wadah kompetisi. Kami juga berharap Kemenpora dapat memberikan bantuan untuk meningkatkan kualitas Stadion Mutiara ini,” pria yang juga Anggota DPRD Kabupaten Asahan itu. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *