Lezatnya Belut Gepuk Bojonegoro

 Lezatnya Belut Gepuk Bojonegoro

MENJELAJAHI Bojonegoro Jawa Timur menjadi semakin mengasyikkan dengan merasakan sajian-sajian kuliner khas pedesaan yang banyak tersebar di berbagai pelosok. Kali lidah tergoda untuk mencicipi Belut Gepuk dari Warung Pondok Salak, Desa Bendo, Kecamatan Kapas,Bojonegoro.

Tepatnya warung yang terkenal dengan masakan belutnya itu  berjarak sekitar 10 kilometer dari pusat kota Bojonegoro.Belut Gepuk adalah menu belut yang diolah dengan cara digepuk atau dipukul hingga daging belut agak gepeng dan menjadi empuk sebelum digoreng.

Belut berukuran besar yang sudah digepuk dan dipotong-potong harus direndam terlebih dahulu dengan bumbu ulek yang terdiri dari bawang putih, daun jeruk, jeruk nipis, ketumbar, kunyit dan garam.

Setelah direndam selama kurang lebih 5-10 menit, lalu belut digoreng dengan minyak panas. Lamanya memasak  sekitar 10 menit atau hingga tekstur belut mulai mengering dan berwarna kecokelatan. Selanjutnya, tiriskan belut goreng tersebut agar minyaknya bisa keluar.

Yang istimewa lagi adalah rasa sambalnya yang cukup pedas. Daging belut yang gurih bercampur sambal menjadi pendamping yang pas untuk sepiring nasi hangat. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *