Lawar Teri Mentah dari NTT

 Lawar Teri Mentah dari NTT

MENU dengan ikan mentah tidak hanya terdapat di Jepang. Di Nusa Tenggara Timur (NTT), masyarakat juga terbiasa memakan menu dengan ikan mentah sebagai santapannya.

Hanya saja, menu ini dibatasi untuk pemakaian ikan teri segar dan bukan sembarang ikan. Masyarakat di sana menyebut hidangan tersebut dengan nama Lawar Ikan Teri.

Lawar Teri Mentah ini merupakan menu ringan khas daerah yang tidak rumit cara membuatnya. Selain itu bahan-bahan dan bumbu yang digunakan juga  dapat dengan mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional.

Yang beda pada masakan ini adalah kombinasi bahan dan bumbu yang digunakan serta cara mengolahnya yang pada akhirnya menghasilkan suatu kuliner khas.

Prosesnya satu demi satu ikan teri segar itu harus dibersihkan kepala dan isi perutnya. Teri segar ini kemudian dicampur dengan rajangan cabe rawit, tomat, bawang merah, daun bawang, dan daun kemangi – kadang-kadang juga ditambah daun ketumbar.

Semua bahan dalam keadaan mentah, diaduk menjadi satu dengan perasan jeruk nipis atau limau, dan sedikit garam. Rasanya sangat segar. Sama sekali tidak amis, sekalipun terinya masih mentah. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *