Kotak Ajaib Pembantu Wasit

 Kotak Ajaib Pembantu Wasit

SUDAH beberapa kali wasit di Piala Dunia 2018 memberikan kode. Setiap akan memutuskan sanksi. Tapi ragu-ragu. Kedua tangannya segera digerakkan. Membentuk gambar kotak. Dan minta waktu beberapa saat.

Baru sekarang saya tahu. Saat menonton pertandingan antara kesebelasan Nigeria melawan Islandia. Kode gambar kotak yang dimaksud sang wasit rupanya menunjuk pada layar monitor yang menampilkan semua rekaman yang dinilai bermasalah.

Dulu kotak ajaib itu tidak ada. Baru di pertandingan Piala Dunia di Russia ini digunakan. Atau dulu ada, tapi saya tak pernah melihatnya?

Tahun 2011 lalu, perusahaan saya pernah mendapat pekerjaan mengabadikan momen-momen seperti itu. Dari PSSI. Tetapi videonya tidak langsung ditampilkan di layar. Yang ditempatkan di belakang bangku pemain cadangan itu.

Dalam setiap pertandingan, digunakan 2 kamera. Satu kamera untuk mendokumentasikan situasi lapangan. Satu lagi khusus untuk mengikuti pergerakan bola.

Seusai pertandingan, kedua video itu diserahkan kepada komisi disiplin. Untuk memastikan wasit telah mengambil keputusan dengan benar. Atas peristiwa yang terjadi sebelumnya di lapangan bola.

Kotak ajaib di lapangan bola Russia ini sudah lebih maju. Sangat membantu wasit. Terutama pada situasi kritis. Di kotak penalti, misalnya.

Secara teknik, kotak ajaib itu tidak sulit. Tapi ide pemanfaatannya orisinil. Baru. Keren.

Kamera yang merekam dihubungkan dengan master control. Yang bisa merekam secara real time atau dilengkapi live video recording system. Juga ditambah playback system. Agar video rekaman bisa diputar mundur.

Kalau ada yang ingin melengkapi stadion dengan kotak ajaib seperti di Russia, tim saya bisa membangun dan mengoperasikannya. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *