Connect with us

Kesehatan

Konsumsi Nasi Merah Setara dengan 30 Menit Jalan Kaki

Published

on

 

BUAT kebanyakan orang, berolahraga dengan hanya berjalan kaki selama 30 menit saja sulit dilakukan, siang atau malam. Padahal, mereka sering mengeluhkan masalah kesehatan dan berat badan yang terus naik.

Jika kita masih punya keinginan untuk memangkas berat badan, tapi tak tahu caranya, ganti makanan pokok dengan barley, beras merah, atau oatmeal. Seperti dilansir India Times, sebuah penelitian menunjukkan mengganti beras putih dengan beras merah bisa memberi dampak yang sama dengan berjalan kaki selama 30 menit.

Hasil penelitian yang dimuat di American Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan mengganti makanan utama dengan beras merah selama delapan minggu mampu membuang lebih banyak kalori dengan cara mengurangi timbunan kalori selama proses pencernaan dan mempercepat metabolisme.

Menurut penelitian tersebut serat pada beras merah mampu memangkas sekitar 100 kalori sehari sebagai akibat dari membaiknya metabolisme dan kian lancarnya pembuangan kotoran. “Penelitian ini membantu memperlihatkan bagaimana makanan dari bulir utuh (termasuk beras merah) dan serat bermanfaat untuk menjaga berat badan, menurunkan berat berlebih, dan baik buat kesehatan, seperti yang sudah disebutkan dalam penelitian sebelumnya,” kata peneliti Phil J. Karl dari Universitas Tufts di Amerika Serikat.

Sebagai bahan penelitian, para ilmuwan itu memberi makanan berbahan bulir utuh kepada para peserta penelitian selama depalan pekan dan kemudian melihat hasilnya. Sebanyak 81 peserta pria dan wanita berusia 40-65 tahun menjadi obyek penelitian.

Pada dua minggu pertama, seluruh peserta mengkonsumsi makanan yang sama dan kadar kalori masing-masing diukur. Setelah dua minggu, para peserta diberi makanan yang berbeda, sebagian makanan seperti nasi putih dan sebagian lagi setara nasi merah.

Setelah delapan pekan, pera peneliti menimbang berat badan para peserta serta mengukur kadar glukosa darah, kinerja metabolisme, rasa kenyang dan lapar. Hasil penelitian menemukan mereka yang mengkonsumsi makanan dari bulir utuh memiliki kerja metabolisme yang lebih baik.

“Kalori ekstra yang terbuang dengan mengkonsumsi makanan bulir utuh sama dengan berjalan dengan kecepatan sedang selama 30 menit atau menikmati sedikit kue kering setiap hari sebagai dampaknya,” jelas peneliti lainnya, Susan B. Roberts.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *