Koleksi Mainan, dari Hobi Dapat Rezeki

 Koleksi Mainan, dari Hobi Dapat Rezeki
Aneka jenis mainan anak (diecast) yang tidak saja digemari anak-anak, tetapi juga diburu para orang tua. Tampak alat berat, tomica honda cub, dan honda civic.

TIDAK mau kalah, sejumlah orang dewasa ternyata juga hobi mengoleksi diecast berupa kendaraanyang sejatinya diciptakan untuk anak-anak. Mainan berupa miniatur kendaraan seperti motor, mobil, truk, hingga alat berat ini tercipta dari besi tempa dengan detail baik dan kemasan menarik, sehingga membuat mereka menaruh hati dan ingin terus membeli karena modelnya yang bervariasi.

Meskipun berbagai merk dan jenis diecast tersedia di pasaran, ada satu merk asal negeri sakura yang menarik perhatian penggemar diecast, yaitu Tomica keluaran produsen bernama Takara Tomy. Kelebihan Tomica adalah setiap produksinya dipastikan bebas dari sudut tajam sehingga aman untuk anak. Selain itu, Tomica merupakan replika langsung dari kendaraan yang dapat kita jumpai sehari-hari seperti Toyota Avanza, Honda Cub bebek hingga Mitsubishi Fuso, tentunya semua ini dapat kita miliki dengan mudah dalam genggaman.

“Awalnya iseng aja ya beli beberapa karena seneng model mobilnya, tapi akhirnya ketagihan dan beli terus,” ujar Rakhmadi W., pria berkeluarga asal Bintaro yang mengaku memulai koleksi diecast sejak tujuh tahun lalu. Selain mendapatkan di toko-toko mainan di pusat perbelanjaan di kawasan Jakarta, ia juga menyempatkan diri membeli tomica saat sedang perjalanan dinas ke Jepang.

Koleksi Rakhmadi, for sale…..

Seperti halnya para produsen kendaraan bermotor dalam menarik minat pembeli, Takara Tomy selalu mengubah model diecast produksi mereka mengikuti model kendaraan aslinya serta mengeluarkan varian terbatas setiap rilis, sehingga ada permintaan dan penawaran yang membuat harganya merangkak naik.

“Bedanya diecast Tomica dengan aslinya justru di harga. Jika kendaraan asli harganya terus menyusut, mobil diecast bisa melambung karena permintaan pasar. Contohnya model Honda Civic yang lima tahun lalu cuma 50 ribu, saat ini bisa dijual 500 ribu,” ungkap Sandi P., pria yang menjual Tomica keluaran lama ini di sosial media. Hal ini pula yang menjadi alasan para kolektor membeli diecast Tomica.

Tua-tua keladi, semakin tua semakin jadi nampaknya merupakan istilah tepat untuk menggambarkan fenomena mengapa orang dewasa gemar mengoleksi mainan anak-anak sebagai alternatif investasi belakangan ini. Sungguh, hobi yang mendatangkan rezeki. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *