Connect with us

Sport

Ketum PB WI Airlangga Hartarto Kunjungi Edgar yang Alami Cedera

Published

on

Ketua Umum PB WI, Airlangga Hartarto mengunjungi Edgar Xavier Marvelo yang cedera pinggang di kediamannya. (Dok. PB WI)

JAYAKARTA NEWS— Di tengah kesibukan menjalankan tugas sebagai Menko Perekonomian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto masih menyempatkan menjenguk atlet wushu andalan Indonesia Edgar Xavier Marvelo di kediamannya Spring Hill Kemayoran Jakarta Pusat, Sabtu, 26 Agustus 2023. 

Ini sebagai bentuk perhatian dan dukungan Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (Ketum PB WI), Airlangga Hartarto terhadap Edgar, panggilan akrabnya, yang merupakan anggota Timnas Wushu Indonesia yang akan tampil di Asian Games Hangzhou, China, 23 September hingga 8 Oktober 2023 nanti.

Usai meraih 2 perak di The FISU World University Games 2023 Chengdu, Edgar diketahui mengalami cidera pinggang. Pekan lalu, Edgar terpaksa meninggalkan Trainning Camp (TC) di China untuk menjalani pengobatan di RS Mitra Kemayoran Jakarta. 

“Kesehatan atlet itu jauh lebih penting. Makanya, PB WI meminta Edgar yang mengalami cedera segera pulang ke Indonesia untuk menjalani perawatan di RS Mitra Kemayoran. Dan, saya berkunjung ke rumah Edgar dalam rangka memastikan kondisi kesehatannya,” kata Airlangga Hartarto yang didampingi Istri dan juga Wakil Bendahara PB WI Gunawan Tjokro serta Ketua Bidang Pembinaan Prestasi Taolu PB WI Herman Wijaya.

“Alhamdulillah kondisi Edgar cukup bagus setelah menjalani perawatan dan treatment di RS Mitra Kemayoran. Tahap pemulihannya dari cidera pinggang sudah mencapai 90 persen. Mudah-mudahan dalam waktu dekat Edgar sudah bisa kembali bergabung dengan rekan-rekannya untuk menjalani program latihan TC di China. Mohon doa dari masyarakat Indonesia untuk kesembuhan Edgar dan juga kesuksesan Timnas Wushu Indonesia agar bisa mengumandangkan Lagu Indonesia Raya di Asian Games 2023 Hangzhou nanti,” tambahnya.

Foto: dok. PB WI

Secara terpisah, Edgar mengaku tidak menduga dan merasa terhormat dikunjungi Ketua Umum PB WI Airlangga Hartarto di rumahnya setelah menjalani perawatan di RS Mitra Kemayoran Jakarta. “Saya merasa terhormat Pak Ketum Airlangga Hartarto datang bersama istri dan pengurus PB WI menjenguk saya di rumah. Tadinya, saya kirain hanya melalui video call saja karena kesibukan beliau menjalankan tugas negara,” katanya.

Ketika ditanyakan soal kondisi kesehatannya, Edgar menjawab “Kondisi kesehatan saya cukup bagus usai menjalani perawatan cedera pinggang. Tahap pemulihannya pun sudah mencapai 90 persen. Kini, saya tinggal menunggu izin dari dokter saja untuk  kembali bergabung dengan teman-teman menjalani TC di China. Mohon doa dari masyarakat Indonesia.”   

Gunawan Tjokro yang juga Ketua Pengprov WI DKI Jakarta menambahkan, cedera yang dialami Edgar yang juga atlet andalan DKI Jakarta kemungkinan disebabkan padatnya kalender event yang diikuti sepanjang tahun 2023.

“Tahun ini cukup padat kalender eventnya. Setelah SEA Games 2023 Kamboja, mereka tampil di FISU World University Games 2023 Chengdu. Jadi, mereka tidak bisa lama istirahat dan langsung menjalani pelatnas secara berkesinambungan,” ungkapnya.

Prestasi wushu Indonesia di bawah kepemimpinan Airlangga Hartarto mengalami kemajuan. Pada The FISU World University Games 2023 Chengdu, Timnas Wushu Indonesia sukses menyumbangkan 4 medali emas dan 3 perak bagi Kontingen Indonesia.

Ini bukan hanya sejarah medali emas terbanyak selama keikutsertaan Indonesia di ajang multi event antar mahasiswa se-dunia, tetapi cabang olahraga (cabor) wushu menjadi satu-satunya cabor yang menyumbangkan medali bagi Kontingen Merah Putih.  

Bukan hanya itu, Timnas Wushu Junior Indonesia juga membuat kejutan dengan merebut 6 medali emas, 14 perak (11 Taolu dan 3 Sanda), dan 10 perunggu (6 Taolu dan 4 Sanda) pada Kejuaraan Asia Wushu Junior  XI/2023 bertajuk 11th Asia Junior Wushu Championship 2023 yang berlangsung di Macao, 14-20 Agustus 2023 lalu.

Sebanyak 6 medali emas yang menjadi kado HUT ke-78 Kemerdekaan RI ini merupakan medali terbanyak yang pernah diraih Timnas Wushu Junior Indonesia selama tampil di Kejuaraan Asia Wushu Junior.

Pada tiga pelaksanaan Kejuaraan Asia Wushu Junior, Pasukan Merah Putih hanya mampu meraih terbanyak 4 medali emas. Itu dicapai pada 8th Asia Junior Wushu Championships 2015. Kemudian, 9th Asia Junior Wushu Championships 2017 Korea Selatan hanya meraih 1 emas dan 10th Asia Junior Wushu Championships 2019 Brunei Darussalam 2019 dengan 2 medali emas. ***din

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *