Keris Nogo Topo, Panjangnya 1,2 Meter

 Keris Nogo Topo, Panjangnya 1,2 Meter
Agus memperlihatkan keris panjangnya. (foto: poedji)

Jayakarta News – Berbicara keris ingatan kita akan kembali ke masa lalu, yakni pada saat zaman kerajaan yang ada di negeri ini. Para petinggi kerajaan atau rakyat sekalipun akan menjadikan keris sebagai pelengkap kehidupannya.

Benda unik dengan khas lekukan-lekukan dari bawah ke aras ini memang dalam keseharian untuk menjaga diri. Atau mungkin juga untuk memperlihatkan wibawa bagi si empunya. Mereka yang memiliki keris bisa satu atau lebih dari satu tergantung dari kesukaan seseorang.

Bahkan ada pula keris-keris yang bisa “diisi” dengan kekuatan ghaib yang tidak semua orang bisa melakukannya. Hikayat keris-kesir di Nusantara sudah sangat terkenal. Ada keris beras wutah, nogo sosro, kolo munyeng, dan lain-lain.

Biasanya keris yang dibuat oleh para empu panjangnya mempunyai standar sekitar 30 – 40 cm. Namun juga ada keris-keris kecil yang panjangnya hanya 10 cm atau bahkan lebih pendek lagi.

Namun kalau ada keris yang panjangnya lebih dari 1 meter, ini benar-benar luar biasa. Yang jelas keris tersebut tidak bisa dibawa karena panjangnya. Keris panjang itu pun hanya bisa disimpan di rumah.

“Saya berhasil mendapatkan keris panjang ini dari seseorang yang menjual karena kebutuhan,” kata Agus, pemilik keris panjang, yang diwawancarai oleh Jayakarta News di tempat kerjanya di salah satu mall Surabaya.

Ia menambahkan, setelah diukur keris ini panjangnya 1,2 meter dan kalau seseorang ingin melihat untuk melepas dari rangkanya dibutuhkan 2 orang, yang satu memegang rangkanya dan satunya lagi menarik keris tersebut dari rangkanya.

Secara terbuka, Agus, yang dikenal sebagai pakar keris menyebutkan, kalau keris panjang yang ia dapatkan itu ada yang “menjaga”. Namun tidak masalah selama tidak mengganggu dibiarkan saja ataupun di suatu saat nanti diminta untuk meninggalkan akan ia lakukan persyaratannya.

Menjawab pertanyaan, keris yang baru saja ia dapatkan itu namanya nogo topo. Dalam salah satu bagian dari keris itu ada gambar nogo yang sedang bertapa. Ia pun mengaku kalau keris tersebut mempunyai manfaat bagi yang mempercayainya.

Sampai kini keris panjang itu masih terpajang di stand miliknya. Banyak orang yang datang dan melihat sekaligus memegangnya karena merasa kagum akan bentuk “aneh” dari keris tersebut.(poedji)

Keris 1,2 meter miliki Agus. (foto: poedji)
Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *