Connect with us

Ekonomi & Bisnis

Kemenkeu Berkomitmen Membina UMKM Masuk Pasar Global

Published

on

(Foto: Kemenkeu)

JAYAKARTA NEWS – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) terus berkomitmen ikut serta dalam program pembinaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di seluruh wilayah di Indonesia. Komitmen ini salah satunya ditunjukkan melalui implementasi inisiatif strategis Kemenkeu Satu Lampung dalam membantu pengusaha UMKM masuk ke pasar global.

“Seperti tadi telah kita dengar memfasilitasi, membantu memberikan pendampingan, memberikan bantuan supaya bisa melakukan ekspor, bisa melakukan berhubungan dengan pembeli, calon pembeli. Beberapa ada yang dihubungkan dengan teman-teman di bea cukai yang sebagai atase keuangan di mancanegara, beberapa juga dibantu untuk mengisi formulirnya, memenuhi ketentuan, juga dibantu untuk bisa memenuhi semua peraturan yang ada sehingga ekspor bisa dilakukan dengan aman, transaksi bisa dilakukan dengan baik juga,” ungkap Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara saat melakukan pelepasan ekspor sebagai rangkaian dari Kegiatan UMKM Expo Tahun 2023 yang diselenggarakan di Lampung, Selasa (24/10).

Dengan adanya berbagai fasilitas yang diberikan Kemenkeu di Lampung, beberapa UMKM binaan berhasil melakukan ekspor dan barangnya diterima oleh mancanegara. Seperti UMKM yang turut hadir dalam acara pelepasan ekspor terhadap produk-produk UMKM asal Lampung. 

UMKM tersebut antara lain, Produk Keripik Pisang UMKM Rafins Snack sebanyak 4,86 Ton tujuan Malaysia dengan nilai barang sebesar Rp332.700.000,-, Produk UMKM Batik Gabovira dan UMKM Kahut Sigerbori sebanyak 6,3 Kilogram tujuan Belanda dengan nilai barang sebesar Rp6.657.000,-. Selain itu, terdapat Produk Pisang Mas Hasil Kolaborasi Koperasi Produsen Tani Hijau Makmur dengan PT Great Giant Pineapple sebanyak 20,02 ton tujuan Oman dengan nilai barang sebesar Rp226.400.000,- dan 5,74 ton tujuan Singapura dengan nilai barang sebesar Rp88.900.000. Terakhir, Produk Lada Putih Hasil Kolaborasi UMKM Perorangan dengan PT Putra Bali Adyamulia sebanyak 15 ton tujuan Taiwan dengan nilai barang sebesar Rp1,4 miliar.

“Produk Indonesia menjadi kebanggaan Indonesia, merk Indonesia, produk Indonesia beredar di luar negeri bukan saja menghasilkan devisa tapi jauh yang lebih penting adalah menghasilkan kebanggaan untuk Indonesia. Kami dari Kementerian Keuangan akan terus siap berkolaborasi dengan pihak yang terkait. Saya menyampaikan apresiasi pada Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota di Lampung yang bisa mendukung UMKM kita ke depan,” jelas Wamenkeu. 

Wamenkeu memastikan dukungan kepada UMKM akan terus diberikan. Dengan demikian, ekspor oleh UMKM akan berkelanjutan sehingga pengusaha akan bisa terus meneruskan usahanya dan menyerap banyak tenaga kerja dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Teman-teman di Kemenkeu, di kepabeanan dan cukai, teman-teman di pajak, teman-teman yang mengelola berbagai macam kredit di perbendaharaan, kredit usaha rakyat, kredit usaha mikro, itu akan terus tetap standby dan membantu seluruh UMKM yang dimanapun berada di Indonesia, juga di Lampung. Teman-teman di Direktorat Jenderal Kekayaan Negara juga memiliki aktivitas lelang yang bisa juga dipakai oleh UMKM dan kegiatan-kegiatan lainnya,” pungkas Wamenkeu.***/mel

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *