Kembalinya Ransel Nina yang Hilang di Karabia

 Kembalinya Ransel Nina yang Hilang di Karabia
Beans 33 Cofee Shop Hotel Karabia Boutique, Medan, tempat ransel Nina raib saat sarapan. Foto: Monang S

SIAPA sangka barang yang telah hilang dua bulan, bisa ditemukan kembali. Hal itulah yang dialami Oktania Kristiani Sarunggu (41), salah seorang tamu inap Karabia Boutique Hotel di Jalan Veteran, Blok J, No. I-IV, Kecamatan Medan Timur, Medan, Sumatera Utara.

Ini kronoligisnya. Awalnya Oktania warga Jakarta itu berkunjung ke Kota Medan, dan nginap selama tiga hari, mulai 23-26 November 2017, dan hari Minggu (26/11-2017) bersiap-siap akan pulang ke Jakarta. Sebelum beranjak ke bandara Oktania yang disapa Nina itu turun untuk sarapan bersama rekannya di Beens 33 Coffee Shop Karabia Boutique Hotel dengan membawa barang-barang bawaannya termasuk tas ransel. Setelah sarapan beranjaklah ke bandara.

Sesampainya di bandara, betapa terkejut Nina karena tas ranselnya tidak ada. Ia urung berangkat dan memilih kembali ke hotel Karibia. Setiba di hotel, Nina membuat laporan pengaduan ke Kantor Polisi Sektor Medan Timur yang jaraknya tidak jauh. Pihak kepolisian menindaklanjuti dengan meminta keterangan managemen hotel serta meminta agar CCTV diputar. Semua yang ada saat itu ikut menyaksikan CCTV yang diputar dan ciri-ciri pelaku pun terlihat, dan setelah itu Nina kembali ke Jakarta.

Tidak sangka, setelah sekitar dua bulan kemudian tepatnya 17 Januari 2018, Aryadi Chandra Food And Beverage Manger (FBM) Karabia Hotel, menghubungi Nina dan mengatakan pengambil tas ranselnya sudah ditangkap.

“Isi ransel masih lengkap, ada paspor, laptop, external hard disk, Usb 7 buah dan charger laptop. Hanya saja isi dokumen yang ada di dalam laptop sudah dihapus, uang recehan 5 dolar kertas juga hilang dan laptop sempat digadaikan oleh si pelaku,” ujar Nina di Beans 33 Coffee shop, Kamis (25/1).

Nina berharap si pelaku, Azaruddin Yusuf (57) segera bertobat dan tidak mengulangi perbuatannya. Ia memaafkan pelaku dan mencabut laporannya ke kepolisian. Tak lupa Nina menyampaikan apresiasinya kepada manajemen Karabia Hotel serta berpesan agar lebih waspada. Kepada para tamu juga diimbau agar waspada. “Saya sungguh mengapresiasi manajemen dan pihak kepolisian, yang tetap mengusut hilangnya ransel saya hingga dua bulan. Tidak sedikit manajemen hotel yang bertindak masa bodoh, dan menganggap kejadian kehilangan semata karena ketelodaran tamu,” katanya.

Di lain kesempatan FB Manager Karabia Boutique Hotel, Aryadi Chandra, mengatakan kronoligi penangkapannya 17 Januari 2018 pagi, pelaku pencuri tas ransel milik Nina datang lagi untuk sarapan. Salah seorang waiter di Coffee Shop Beens 33, memperhatikan orang itu mirip dengan pelaku pencurian sekitar dua bulan lalu. Ia langsung berkoordinasi dengan staf hotel sambil melihat CCTV. Ternyata cocok. Akhirnya si pelaku diamankan untuk dimintai keterangan, dan pelaku mengakui perbuatannya. Manajemen kemudian membawa pelaku ke Polsek Medan Timur.

Setelah pelaku diamankan kepolisian, Aryadi mengontak Nina di Jakarta. Dan pada tanggal 25 Januari Nina sudah berada di Medan untuk menyelesaikan masalahnya.

Atas peristiwa tersebut, Aryadi mengaku lega. Sebab, sesaat setelah peristiwa itu, sempat muncul opini negatif, yang menuding pelaku pencurian sudah bekerjasama dengan staf Karabia Hotel. Karenanya, manajemen menekankan kepada segenap staf untuk meningkatkan rasa tanggung jawabnya kepada para tamu yang datang menginap. “Akhirnya kami bisa membuktikan, bahwa kasus ini pure modus operandi si pelaku dan puji Tuhan pihak hotel bisa mengungkap dengan baik,” jelas Aryadi.

Tentang pelaku, menurut Aryadi sama sekali tidak menampakkan ciri-ciri seorang penjahat. Pakaiannya necis, bersepatu pantofel, dan berpembawaan tenang seperti layaknya tamu hotel yang memang berhak untuk sarapan di coffee shop. Ini tentu menjadi pembelajaran, bahwa modus operandi kejahatan sedemikian rupa sehingga terkadang sulit diidentifikasi oleh awam. Karenanya, kejadian itu menjadi pembelajaran Karabia hotetl untuk lebih meningkatkan aspek keamanan. ***

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.