Kasar Bersikap, Trump Menuai Viral

 Kasar Bersikap, Trump Menuai Viral

PRESIDEN  Amerika Serikat Donald Trump menunjukkan kekasarannya di depan forum dunia yang berlangsung di Brussels, Kamis (25/5/2017) waktu setempat, tatkala  dia memepet dan mendorong ke samping Perdana Menteri Montenegro, Duski Markovic. Pada KTT pakta pertahanan Atlantik Utara tersebut, Montenegro bakal  ditetapkan menjadi  anggota NATO.

Berdasarkan  cuplikan video yang beredar di dunia maya,  Trump tampak menerobos barisan para pemimpin NATO. Trump tampak  mendorong dengan kasar Markovic,  untuk kemudian dengan penuh percaya diri Trump merapikan jasnya, saat dia tampil di barisan depan kelompok pemimpin NATO. Trump mengambil posisi dengan mendekat ke arah Sekjen NATO Jens Stoltenberg.

Video tersebut  diviralkan, terutama terjadi setelah Trump menyampaikan pesan yang pedas kepada sekutu-sekutu NATO. Trump menginginkan agar anggota NATO  meningkatkan  belanja pertahanan mereka agar beban yang harus ditanggung Amerika tidak terlalu berat.

Juru Bicara Gedung Putih, Sean Spicer yang dikonfirmasi  mengenai tindakan  Trump dengan mendorong  Markovic, berkelit  bahwa Spicer tidak menyaksikan video itu. Dia menganggap, apa yang dilakukan Trump  lebih karena ingin bergeser ke posisi yang dianggapnya tepat.

Pihak  Montenegro di NATO yang, menolak mengomentari insiden itu. Dalam pada itu masuknya Montenegro ke NATO  ditentang keras oleh Rusia.

Negara kecil di kawasan Balkan itu, akan resmi menjadi anggota NATO ke-29 pada Juni mendatang.  Sekalipun demikian, Markovic sudah mengikuti KTT NATO di Brussels, dimana ini adalah KTT NATO  pertama yang  dihadiri Trump, sekaligus bersamaan dengan acara pembukaan markas besar baru NATO.

Dalam sesi foto bersama di gedung baru itu, Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau meminta rekan-rekan pemimpin NATO lainnya melambaikan tangan ke arah kamera wartawan, tetapi Trump tampak tak  mengangkat tangannya. Trump kemudian tersenyum singkat, lantas  kembali menunjukkan ekspresi wajah serius dalam sesi foto itu, demikian Reuters.

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *