Connect with us

Sport

Juara di China, Pebalap David Sitanala Jadi Kebanggaan Rakyat Maluku

Published

on

David Sitanala

GUBERNUR Maluku Ir. Said Assagaff berharap pebalap muda belasan tahun asal Maluku David Juliano Sitanala, terus membawa dan mengharumkan nama Maluku di ajang balap internasional.  “Ini luar biasa. Pemerintah Daerah Maluku tentu akan mendorong supaya David terus bisa ikut ajang internasional. Karena selain bawa nama Maluku, dia juga membawa nama negara Indonesia. Apalagi, Menteri Pariwisata maupun Menteri Pemuda dan Olahraga, sudah berkomunikasi soal David ini,” ujar Gubernur Assagaff.

Pernyataan ini  disampaikannya, ketika menerima kunjungan David, yang datang membawa dua buah piala raihannya pada ajang Formula 4 di sirkuit internasional Zhuhai, China, April 2017, untuk dipersembahkan kepada masyarakat Maluku melalui Pemda Maluku, bertempat di Kantor Gubernur Maluku, Ambon, Kamis (7/12) kemarin.

Menurut Assagaff,  atas nama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku, Gubernur menyampaikan banyak terima kasih, penghargaan dan apresiasi buat David yang meraih dua kali juara tiga pada ajang balap di China ini.  “Saya kira ini putera Maluku pertama, yang memberanikan diri untuk bisa tampil pada ajang balap internasional Formula 4 di China,” tandasnya.

Assagaff menambahkan, jarang ada yang seberani David. Sebab perjalanannya diawali dari go kart, langsung ke Formula 4. Dia menyebutkan, menurut mereka yang ahli di bidang ini, biasanya tidak secepat itu, karena butuh penyesuaian waktu, minimal enam bulan.  “Balap ini kan musti berani. Sehingga langsung dari go kart ke F4 dan saat balap di China, tiga kali race dan dua kali diikuti, David persembahkan piala di nomor urut 3 untuk 2 kali race. Sayangnya pada balapan ketiga, ada sedikit trouble pada mesinnya,” terang Assagaff.

Gubernur Maluku menyebutkan, tahun 2018, ada sejumlah permintaan juga kepada David. Dia sendiri berkeinginan untuk tidak saja ikut balap di Asia, tapi mau juga ke Eropa diantaranya di Inggris dan Jerman. “Saya bilang ke Ketua IMI Maluku Sandy Wattimena, supaya besok coba kita bikin surat ke Menteri Pariwisata. Kita minta dukungan dari beliau, mudah-mudahan saja, ada dukungan yang besar dari Menteri Pariwisata kepada David. Karena untuk masuk ke dunia ini, apalagi tahap internasional butuh biaya yang besar,” imbuhnya.

David Sitanala

Kalau Pemda Maluku, menurut Assagaff, bisa bantu apa adanya. Kalau anggarannya besar mesti  persetujuan DPRD.  “Itu yang nanti kita buat ke depan. Intinya, saya berharap David dapat maju terus, bisa membawa nama Maluku dan bangsa Indonesia lebih baik lagi,” harapnya. Dalam kesempatan ini, Gubernur Assagaff juga berjanji, akan mengupayakan beasiswa untuk David yang saat ini sedang sekolah di Singapura dan tertarik untuk mendalami ilmu kepariwisataan.

Sementara itu, David Sitanala mengungkapkan keberhasilan diraihnya pasca naik kelas dari go kart ke F4.  “Ke depan pasti latihannya mesti lebih giat karena persiapannya harus 6 bulan sebelum balapan dan itu sangat ketat. Apalagi pelatih yang tangani saya juga pelatihnya Rio Haryanto waktu di formula 1 (F1). Jadi dia juga sudah tahu strategi apa yang disiapkan sebelum pembalap terjun untuk balapan. Apalagi memang kita punya paket team bagus, bisa saling mendukung dan memberikan hasil positif,” paparnya.

David menyambut baik dukungan dari Pemda melalui Gubernur, dan harapannya bisa terus bersama-sama.  Sebab bagi David, ini juga merupakan satu kebanggaan untuk mewakili Maluku di ajang balap internasional dan memberikan hasil lewat prestasi di China, podium 3.  Target ke depan, David mengaku, ingin mendapatkan hasil yang lebih baik dari saat ini. Jika sebelumnya Juara 3, selanjutnya harus bisa Juara 2 atau Juara 1. Selain balap, kata David pada ajang F4 tersebut, dirinya juga mempromosi obyek-obyek wisata di Maluku, khususnya spot-spot pantainya.

Setelah sukses di China, David mengaku membidik even F4 di Inggris. Alasan dia memilih Inggris karena di sana tempat asal olahraga balap, selain Italia.  “Karena tempat asal olahraga balap, sehingga saya perlu mencoba. Agar ke depan bisa berkembang jadi lebih baik lagi. Untuk sponsorship, meski selama ini sudah didekati tetapi belum ada sponsor yang confirm untuk membantu. Saat ini sponsor utamanya masih dari Pemda Maluku,” tandasnya. ***

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *