JK Rayakan Ultah dengan Dua Tradisi di Luar Negeri

 JK Rayakan Ultah dengan Dua Tradisi di Luar Negeri
Wakil Presiden Jusuf Kalla diterima Dubes RI untuk Qatar, Basri Sidehabi. (ist)

JAYAKARTA NEWS – Setelah melakukan kunjungan kerja menghadiri Forum Global Platform Disaster Risk Reduction United Nation di Jenewa, Swiss tanggal 14 – 16 Mei 2019, Wakil Presiden RI mengunjungi Doha – Qatar memenuhi undangan Dubes RI Qatar. Wapres diharap bisa bersilaturahmi dengan keluarga besar KBRI dan diaspora Indonesia profesional di Qatar.

Wapres dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla beserta rombongan tiba di Qatar pada hari Jumat, tanggal 17 Mei 2019, pukul 15.55 waktu setempat, disambut pakaian adat bugis oleh salah seorang putri Pejabat KBRI Doha Aquilah Anwar.

Wapres dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla disambut pakaian adat bugis oleh salah seorang putri Pejabat KBRI Doha Aquilah Anwar. (ist)

Masyarakat Indonesia terdiri dari Keluarga Besar KBRI Doha serta tokoh masyarakat Pekerja Profesional, skills dan semi skills yang diundang pada agenda acara berbuka puasa di Wisma Indonesia, tidak sabar lagi menunggu kedatangan orang nomor 2 di Indonesia untuk dapat mendengarkan perkembangan siatuasi dalam negeri yang berkembang dari Wapres langsung.

Tampak sore hari itu Ketua Permiqa (Persatuan Masyarakat Indonesia di Qatar) Prihandoko Saputro, berserta tokoh ormas lainnya antara lain: Said Malawi, Ali Mustafa, Agri Samara, Dr. Iqbal, Andi Suliono, Rury Novrian, dan Ade Sanjaya serta masyarakat lain. Mereka antusias menunggu moment yang sangat berharga untuk mendengarkan nasihat dan ‘oleh-olehh-oleh JK.

Setelah sambutan Dubes Basri Sidehabi, acara dilanjutkan sambutan Wakil Presiden Jusuf Kalla dan tanya jawab. (istI

Pada buka puasa masyarakat Indonesia dengan Wapres RI dimulai sambutan Duta Besar RI, Muhammad Basri Sidehabi, menjelaskan bahwa pengalaman JK memimpin Indonesia sebagai Wakil President pada periode 2004 – 2009 dan 2014 – 2019 serta sebagai pengusaha sukses dan mempunyai kontribusi pengalaman menarik pada bidang perdamaian seperti di Aceh, Poso dan Ambon adalah suatu keberhasilan yang prima dan sungguh sangat luar biasa.

JK yang sangat dirindukan masyarakat Indonesia di Qatar menyampaikan oleh-oleh dari Indonesia dan apresiasi kepada Dubes RI atas undangan ke Qatar yang baru dapat dipenuhi pada bulan puasa ini. Ia pun menjelaskan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia. Pemilu serentak yang telah berlangsung di Indonesia adalah suatu demokrasi yang sedang berjalan menuju kedewasaan Indonesia menjadi masyarakat yang berdaulat menjaga persatuan dan kesatuan melalui nilai-nilai Pancasila sebagai Dasar Negara.

Beliau juga menyampaikan bahwa kegiatan yang akan dilakukan setelah selesai dari jabatannya sebagai Wakil Presiden RI, adalah fokus pada kegiatan sosial sebagai ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) dan Palang Merah Indonesia (PMI), Pendidikan serta menuntun anak dan cucu pada bidang pengembangan bisnis.

Di Swiss, JK mendapat kejutan ulang tahun dengan meniup lilin di atas kue tart. (ist)
Di Qatar, Wapres Jusuf Kalla juga disambut tumpeng ulang tahun. (ist)

Ada yang berharga dan menarik pada kunjungannya ke Swiss dan Qatar, yaitu dirayakannya hari ulang tahun yang ke-77, dapat dikatakan bahwa ulang tahun kali ini dirayakan oleh dua benua, benua Eropa dan Asia Timur Tengah, serta dengan dua adat tradisi yang berbeda, Eropa dengan meniup Lilin serta di Qatar dengan tradisi  Pemotongan Tumpeng ala Indonesia.

Pada usia ke-77 tahun tepatnya pada tanggal 15 Mei 2019, JK tampak tetap energik dan sehat wal’afiat, sehingga beberapa tokoh masyarakat dalam tanya-jawab mengharapkan JK tetap berkiprah sebagai inspiratory bangsa dan melanjutkan pengabdian di bidang Pendidikan dan Sosial.

Jusuf Kalla juga menyempatkan salat magrib, isya dan taraweh di Wisma Indonesia bersama masyarakat Indonesia sebelum beranjak mengunjungi tempat lain yang telah dibangun Pemerintah Qatar dalam rangka menyambut World Cup (FIFA Champions) pada tahun 2022 yang akan datang.

Sekalian JK melihat peluang pasar dan kerja sama di Qatar, dengan mengunjungi Doha Festival City Mall sebelum beranjak ke bandara Hamad International Airport, serta bertemu masyarakat Indonesia yang kerja serta berpapasan di mall tersebut. Dalam kunjungan di Mall Doha Festival, salah satu mall terbesar di Doha, beliau menyempatkan  membeli buku-buku dan menikmati suasana mall dengan mencoba kopi Qatar di salah satu café bernama Le Pett Train Bleu. Pukul 24.00 Wapres dan rombongan beranjak ke Hamad International Airport. (*/egy)

JK menerima buku profil Dubes Basri Sidehabi. (ist)
Sebelum memulai acara, peserta menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. (ist)
Wapres dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla berfoto bersama Dubes Basri Sidehabi dan staf di KBRI Doha, Qatar. (ist)
Dubes Basri Sidehabi dan Wapres Jusuf Kalla. (ist)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *