Connect with us

Feature

Jayakarta News Ulang Tahun: Di Atas Bukit Merah Putih Diingatkan Jalan Pulang

Published

on

JAYAKARTA NEWS – Peringatan ulang tahun Jayakarta News yang memasuki  usia 6 tahun dilakukan sederhana, Sabtu kemarin 25/2/2023).  Doa syukur dipanjatkan disertai pemotongan tumpeng atas segenap suka duka dan hambatan selama  perjalanan yang dilalui sebagai media siber.

Namun peringatan ulang tahun kali ini terasa luar biasa. Di  dalam bangunan mirip pendopo di tengah alam terbuka dengan ruapan udara segar aroma  pepohonan perbukitan. Berlokasi  di Villa Bukit Merah Putih milik Martin Hutabarat di  Sentul, Bogor. Benar-benar bukit di atas bukit. Di lingkar panorama  dari kejauhan  nampak gedung –gedung tinggi dan hunian di kota-kota di sekitarnya, Depok, Jakarta dan Tangerang.

Hadir selain Martin Hutabarat selaku Pemimpin Umum, Roso Daras Pemred Jayakarta News serta Prof Hermawan Sulistyo (Kikiek), serta para wartawan Jayakarta News temasuk Perwakilan dari Malang Jawa Timur. Usai pemotongan tumpeng dan ramah tamah dilanjutkan pertemuan yang membahas rencana-rencana Jayakarta News ke depan.

Prof Kikiek sebelumnya bercerita tentang dirinya yang hidup sebagai wartawan dan penulis di beberapa media sebelum  menjadi PNS, bahkan setelahnya pun dia tetap berkutat di dunia kewartawanan. Maka tak heran jika ia tahu betul bagaimana dunia wartawan dan strategi memperoleh sumber-sumber berita utama.

Prof (RIS) Hermawan Sulistyo

Jayakarta News diharapkan menghadirkan peran anak-anak muda untuk menggeluti profesi ini.  Terutama mereka yang paham betul tentang digitalisasi sesuai perkembangan teknologi komunikasi dan informasi saat ini.  Sebagai orang yang pernah menekuni profesi jurnalis tentu memahami pula bagaimana menjadi yang terdepan dalam penyajian berita/ informasi. Termasuk trik-trik memperoleh informasi.

Gurubesar di Unv Bhayangkara Jakarta  yang juga dikenal sebagai  pengamat politik ini juga menekankan perlunya media khususnya Jayakarta News mengangkat isu-isu yang sejalan dengan perkembangan situasi namun tetap memiliki sudut pandang atau “warna”  khas. “Sekarang  memasuki tahun politik, ya isu-isu politik kita kedepankan, “ kata Prof Kikiek.

Martin Hutabarat pun yang  sering mensuport kegiatan Jayakarta News juga menggarisbawahi pentingnya mengangkat isu-isu yang sedang menjadi pembicaraan di masyarakat. Tulisan-tulisan terkait capres  maupun para calon legislatif.

Sementara Pemimpin Redaksi Roso Daras dalam sambutannya  menyampaikan pesan yang bernilai filosofis.  Dengan menyitir falsafah Cina, mengingatkan kita akan pentingnya langkah kebaikan yang  tentu berdampak kebaikan pula terhadap orang lain atau masyarakat.  Sedangkan  perilaku atau perbuatan buruk tidak hanya melukai orang lain, namun sesungguhnya juga melukai diri sendiri.

Pesan singkat itu disampaikan tentu mengingat  para wartawan yang datang  dan awak Jayakarta News lainnya  sudah senior atau umumnya telah memasuki usia 50 tahun, bahkan ada yang tergolong lansia. Namun semangat berkarya tetap dengan gelora gairah anak muda.

Maka apiklah jika pesan itu diingatkan kembali. Bukankah usia  yang tidak bisa lagi disebut muda harus disibukkan dengan langkah kebaikan?!  Dalam perbincangan sufi bisa disebut mempersiapkan diri mencari “jalan pulang”.  Karena itu semangat berkarya dan menebar kebaikan  tak boleh dilupakan. iswati

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *