Jakarta Banjir di Mana-mana

 Jakarta Banjir di Mana-mana

HUJAN yang turun terus menerus sejak beberapa hari belakangan ini, berdampak bagi Jakarta.  Ya, ibukota dikepung banjir. Akibatnya, ribuan rumah terendam, dan nyaris melumpuhkan aktivitas warganya.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut, banjir di Jakarta mencapai sedikitnya 54 titik yang mengakibatkan ribuan rumah terendam. “Sebanyak 401 laporan mengenai banjir di Jakarta dan sekitarnya sejak hujan deras mengguyur pada Selasa (21/2) dini hari,” jelas Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB.

Laporan-laporan itu kemudian dimasukkan ke dalam situs Petabencana.id sehingga daerah banjir dapat dipetakan. Saat ini terdapat 54 titik banjir dan genangan di Jakarta Selatan (11 titik), Jakarta Timur (29 titik) dan Jakarta Utara (14 titik).

“Dilaporkan ribuan rumah dan jalan terendam banjir dengan ketinggian bervariasi 10 -150 sentimeter. Tinggi banjir di Cipinang Melayu, Jakarta Timur, bervariasi antara 70 – 150 sentimeter. Banjir lebih disebabkan karena drainase perkotaan yang tidak mampu menampung aliran permukaan,” kata Sutopo.

Banjir di Jakarta telah terjadi selama beberapa hari, utamanya di sejumlah daerah yang berada di pinggir Sungai Ciliwung, seperti Kampung Pulo, Jakarta Timur, dan Bukit Duri, Jakarta Selatan. Di dua kawasan ini, Pemprov DKI Jakarta telah membongkar ratusan rumah dalam bagian program normalisasi bantaran sungai.

Sementara itu, melalui pengamatan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, potensi hujan akan meningkat dalam beberapa hari mendatang di sejumlah daerah di Indonesia, termasuk sebagian Pulau Sumatera, Jabodetabek, dan sebagian besar Papua.

Terkait dengan hal tersebut, masyarakat diharapkan tetap mewaspadai potensi peningkatan curah hujan yang dapat disertai angin kencang dan berpotensi mengakibatkan terjadinya banjir, tanah longsor, banjir bandang maupun genangan. ***

Digiqole ad

Related post

1 Comment

  • Mana janji Ahok yang suka berkoar – koar jakarta tidak banjir, nyatanya masih ada genangan air dimana -mana, tuntaskan janjimu Koh Ahok untuk periode kedua ini lanjutkan kerja kerja periode kedua ini selamat dan sukses buat Koh Ahok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *