Jajaran Pulau Indah di Sibolga

 Jajaran Pulau Indah di Sibolga
Pulau Mursala. (Foto: Ist)

Ada sedikitnya 33 kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Utara. Setiap daerah, memiliki tempat wisata yang eksotik. Ada daerah dengan keindahan alam, eksotisme budaya dan sejarah, wisata religi, dan lainnya.

Salah satunya adalah Kota Sibolga. Sebuah daerah yang terletak di pantai barat pulau Sumatera, membujur sepanjang utara ke selatan dan berada pada kawasan Teluk Tapian Nauli. Kota ini dikenal dengan sebutan “negeri berbilang kaum”. Kota yang dianugerahi Tuhan keindahan alam yang luar biasa.

Jarak antara Kota Sibolga dan Kota Medan sekitar 350 km, dan bisa ditempuh perjalanan darat sekitar deapan jam lamanya. Sibolga sudah terhubung dengan beberapa kabupaten/kota di Sumut, antara lain Medan, Pakkat, Tarutung, Padang Sidempuan. Sibolga juga bisa diakses melalui bandar udara Dr Ferdinand Lumban Tobing yang berada di Tapanuli Tengah (Tapteng).

Dan ada dua rute yakni, pertama dari/ke Kualanamu (KNO) – Sibolga (FLZ), IW 1256, pukul 10.10 – 11.00, kemudian baliknya Sibolga (FLZ) – Kualanamu (KNO), IW 1259, pukul 08.55 – 09.40, yang kedua Jakarta (CGK) – Sibolga (FLZ) transit Medan dengan Batik Air dan Lion Air. Sibolga memiliki pelabuhan laut yang merupakan tempat penyeberangan menuju Pulau Nias dan kota-kota pesisir barat Sumatera lainnya.

Jadi jika berkunjung ke Kota Sibolga, banyak tempat yang dapat didatangi. “Ada Pulau Mursala, Poncan yang dari dermaga wisata indah hanya 15 menit menggunakan speed boat. Di situ juga ada hotel, fasilitas–fasiltas permainan air telah tersedia, misalnya banana boat. Pantai Kalangan, Pulau Pandan juga sering saya kunjungi. Pantai Bosur yang saat ini sedang ramai-ramainya dikunjungi, ada tempat-tempat yang telah disediakan untuk pengunjung jika datang bersantai menikmati alamnya sambil bakar ikan. Dan masih banyak lagi. Jika menggunakan pesawat dari Medan ke Sibolga hanya sekitar 45 menit,” ujar Vera Hutagalung kepada Jayakartanews. Vera adalah warga Sibolga yang sudah berdomisili di Medan. (monang s)

Jadwal Penerbangan Kualanmu (KNO) – Sibolga (FLZ), 12 Desember 2018.
Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *