International Mask Festival 2022, Digelar Luring, Simak Jadwalnya

 International Mask Festival 2022, Digelar Luring, Simak Jadwalnya

JAYAKARTA NEWS – International Mask Festival (IMF) merupakan event seni pertunjukkan bertaraf internasional yang menampilkan penari topeng dari Indonesia dan mancanegara. Event ini dihelat mulai dari tahun 2014 serta menjadi salah satu event tahunan Pemerintah Kota Surakarta, Jawa Tengah. Dalam dua edisi penyelenggaraan menggunakan format virtual event akibat dari dampak pandemi COVID-19. IMF 2022 akan digelar secara luring pada tahun ini untuk mengobati kerinduan masyarakat menyaksikan langsung kegiatan kesenian.

Melalui tema “Marvelous Mask”, IMF 2022 hadir dengan menggaet seniman dari dalam maupun luar negeri untuk menampilkan karya seninya secara luring pada 17-18 Juni 2022 pukul 19.00-23.00 WIB. Pagelaran ini juga akan ditayangkan live melalui platform Youtube International Mask Festival, SIPA Festival dan Pariwisata Solo. Delegasi Indonesia meliputi 7 Provinsi yaitu Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Yogyakarta, Maluku, Kalimantan Selatan dan Bali. Adapun 3 delegasi luar negeri meliputi Thailand, Singapura dan Ecuador yg akan tampil secara langsung.

Selain menghadirkan pertunjukkan topeng, akan ada banyak varian kegiatan yang menjadi pelengkap IMF 2022. Mulai dari pameran koleksi topeng, konferensi nasional IMO dan workshop pembuatan topeng dimana masyarakat bisa belajar membuat topeng dari proses pemahatan hingga pewarnaan.

Antusias penari topeng untuk ikut berpartisipasi dalam IMF 2022 sangat besar. Maka dari itu, penyelenggara mengadakan open call dengan menerima video  terkait dengan topeng. Terdapat 45 video yg melalui tahapan kurasi, dimana akan ditayangkan pada konten video performance pukul 12.00 – 18.00 WIB pada hari kedua.

IMF 2022 juga menjadi sarana untuk pemulihan ekonomi, salah satunya dengan membantu kebangkitan UMKM pengrajin topeng. Penyelenggara menggaet dua pengrajin topeng dari Sukoharjo dan Ponorogo dengan membantu proses pemasaran melalui event IMF ini. Bagi para pecinta maupun kolektor topeng yang tertarik bisa mengunjungi instagram @internationalmaskfest terkait proses pembelian topeng. (pr)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.