Inalum dan PPAD Bangun Kerjasama untuk Bidang Ekonomi dan Konservasi Alam

 Inalum dan PPAD Bangun Kerjasama untuk Bidang Ekonomi dan Konservasi Alam

Direktur Operasi dan Portofolio PT Inalum, Danny Praditya dan Sekjen PP PPAD, Mayjen TNI Purn. Dr. (C) Komaruddin Sumanjuntak. (foto: PPAD)

JAYAKARTA NEWS – Satu lagi, langkah kongkrit Persatuan Purnawirawan TNI-AD (PPAD) terwujud di hari Jumat berkah, 16 Desember 2022. Bertempat di Kantor PT Inalum di Jakarta, Gedung Energy SCBD, berlangsung penandatanganan  Memorandum of Understanding (MoU) antara PPAD dan PT Inalum (Persero).

Penandatangan MoU dilakukan oleh Direktur Operasi dan Portofolio PT Inalum, Danny Praditya dan Sekjen PP PPAD, Mayjen TNI Purn. Dr. (C) Komaruddin Sumanjuntak. Kedua pihak bermaksud membangun kerjasama untuk bidang pengembangan ekonomi melalui sektor pertanian. Salah satunya adalah pendayagunaan lahan Inalum dengan melibatkan unsur pemberdayaan Purnawirawan TNI-AD dan masyarakat sekitar.

Melalui MoU ini pula PT Inalum dan PPAD dapat berkolaborasi dalam mendukung program konservasi ekosistem Danau Toba yang telah digagas oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara  setelah terbitnya Peraturan Presiden Nomor 60 Tahun 2021 tentang Penyelamatan Danau Prioritas Nasional.

“Potensi masing-masing pihak nantinya dapat disinergikan atau dikerjasamakan,” ujar Danny Praditya. Ia juga mengatakan, PT Inalum yang beroperasi di Sumatera Utara dalam melakukan produksi untuk peleburan aluminium tentunya membutuhkan dukungan para pihak, termasuk juga PPAD.

Foto bersama jajaran PT Inalum (Persero) dan PP PPAD. (foto: PPAD)

Sementara Sekjen PPAD Komaruddin menambahkan, “Program bersama PT Inalum ini akan melibatkan para pengurus PPAD Provinsi Sumatera Utara. Ada sekitar 1.900 anggota PPAD di kabupaten/kota di Sumatera Utara” katanya. Dalam sambutannya, Komaruddin menyampaikan bahwa kerjasama dan seluruh aktivitas nantinya tetap megikuti pada peraturan dan ketentuan yang berlaku, baik di Inalum maupun di pemerintahan daerah.

PPAD akan diharapkan dapat membantu PT Inalum untuk pemberdayaan dan pendidikan masyarakat serta juga untuk para purnawirawan TNI AD. “Yang tak kalah penting, pembuatan program kelestarian lingkungan. Saya sangat memberi apresiasi kepada para purnawirawan TNI AD, walaupun sudah pensiun tetapi tetap mencurahkan pikiran dan tenaganya kepada masyarakat” ujar Danny Praditya.

MoU antara PT Inalum dan PPAD diharapkan sudah bisa diturunkan dalam kegiatan kerjasama akhir tahun ini. Dalam pelaksanaannya, akan banyak melibatkan purnawirawan TNI-AD yang ada di Sumatera Utara, kalangan profesional, pemerintah daerah, akademisi, pemerhati dan tentunya  masyarakat sekitar.

Dalam kesempatan penandatangan MoU, hadir Rainaldy Harahap – SEVP Operasi & Produksi PT Inalum. Sementara Sekjen Komaruddin didampingi antara lain oleh Letkol Cpm. Purn. Ari Banarto-Bidang Hukum PPAD, dan Een Irawan Putra-Bidang Ekonomi PPAD. (*)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.