AS Izinkan Tim Robotik Afghanistan Ikuti “FIRST Global Challenge”

 AS Izinkan Tim Robotik Afghanistan Ikuti “FIRST Global Challenge”

Screen shot Reuters

Tim robotik Afghanistan yang beranggotakan para remaja putri, tiba di bandara Kabul pada hari Kamis untuk menerima visa A.S. mereka, untuk mengikuti kompetisi robotik “FIRST Global Challenge” di Washington, D.C. setelah sebelumnya pemerintah Amerika Serikat dua kali menolak permohonan visa mereka untuk masuk ke Amerika.

Tim robotik Afghanistan itu akan bersaing dengan kompetitor mereka dari berbagai belahan dunia lainnya. Mereka mendapat ijin untuk masuk ke Washington, setelah Departemen Keamanan Dalam Negeri AS menyetujui permintaan dari Departemen Luar Negeri untuk mengizinkan perjalanan mereka ke Washington, DC.

Pekan depan mereka akan ambil bagian dalam kompetisi robotika internasional yang bertajuk “FIRST Global Challenge” itu. Salah satu anggota tim robotik Afghanistan, Lida Azizi, remaja yang berusia 15 tahun itu, mengatakan bahwa mereka sangat bersemangat untuk mengikuti kompetisi itu setelah mendapatkan visa ke Amerika.
“Afghanistan adalah negara yang dilanda perang yang sulit bagi perempuan untuk meningkatkan diri, tapi sekarang ini adalah kesempatan besar bagi kita untuk mengambil bagian dalam kompetisi ini dan juga sangat bagus untuk negara kita juga, ” kata Lida.

Sebelumnya kritikus berpendapat bahwa agen A.S. menolak kesempatan para gadis untuk tidak membiarkan mereka bersaing di A.S. melawan lebih dari 160 negara. Keputusan sebelumnya juga mengkritik Presiden A.S. Donald Trump, yang berusaha melarang orang-orang Muslim memasuki negara Amerika, walaupun Afghanistan saat ini tidak berada dalam daftar larangan perjalanan yang ditetapkan Trump. Tapi kini para gadis itu dalam perjalanan ke Amerika, dan siap menunjukkan kepada dunia apa yang bisa mereka lakukan.
[RTR]

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *