Halomoan Target Lolos Putaran Final Kejuaraan Dunia Remaja

 Halomoan Target Lolos Putaran Final Kejuaraan Dunia Remaja
Halomoan Edwin Binsar Simanjutak (kiri) dan pelatih Harry Marra dari Amerika Serikat.

KENDATI lawan yang bakal dihadapi terbilang berat, namun tak menyurutkan semangat atlet atletik asal Jawa Barat Halomoan Edwin Binsar Simanjutak. Dia bahkan menargetkan lolos ke putaran final dalam Kejuaraan Dunia Atletik Remaja 2017 di Nairobi, Kenya, 12-16 Juli.

Atlet yang masih bersekolah di SMA Negeri 3 Cibinong, Bogor, itu masih menjalani persiapan khusus jelang keikutsertaan pada nomor lari gawang 110 meter dan lari gawang 400 meter putra dalam Kejuaraan Dunia Remaja 2017.

“Saya harus berusaha mencapai catatan waktu lebih cepat dibanding hasil dalam Kejuaraan Nasional. Catatan waktu agar masuk final kejuaraan dunia setidaknya 51 detik untuk nomor 400 meter gawang,” kata Halomoan selepas menerima bonus dari PB Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) di Jakarta, Senin (24/4).

“Kehadiran pelatih asal Amerika Serikat Harry Marra membantu kami untuk memperbaiki latihan. Saya masih terus memperbaiki loncatan gawang dengan teknik baru karena selama ini loncatan saya kurang bagus,” kata atlet berusia 16 tahun itu.

Meskipun belum mengikuti SEA Games 2017, Halomoan berharap dapat mewakili Merah-Putih dalam Olimpiade Tokyo 2020. “Saya ingin meraih waktu yang lebih cepat lagi setelah Kejuaraan Dunia 2017,” kata atlet yang akan turun pada nomor lari gawang 400 meter dan lari gawang 110 meter putra itu.

Halomoan menjadi bintang muda lintasan atletik setelah memecahkan empat rekor nasional sekaligus dalam kejuaraan nasional dan internasional sepanjang 2016 hingga 2017.

Atlet yang mengidolakan atlet atletik dunia Felix Sanchez itu memecahkan lari 400 meter gawang di Filipina, lari 110 meter gawang di Jakarta, dan lari 400 meter gawang di Jakarta. Halomoan juga memecahkan rekor pada nomor lari estafet 4×400 meter bersama Ifan Anugrah, Kristian Tommy, dan Wempy Pelamonia pada Kejuaraan Atletik di Chiang Mai, Thailand, pada 2016.

Selain Halomoan, Indonesia menempatkan tiga wakil dalam Kejuaraan Dunia Atletik Remaja 2017. Mereka adalah Ifan Anugrah Setiawan dari Jawa Timur pada nomor lari 400 meter putra, Lalu Muhammad Zohri dari Nusa Tenggara Barat pada nomor lari 200 meter putra, dan Jeany Nuraini pada nomor lari 100 meter putri. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *