Hagia Sofia Tambatan Hati Yuza

 Hagia Sofia Tambatan Hati Yuza

MENGGAMBAR detil bangunan dan mengambil foto bangunan bersejarah adalah pekerjaan yang sangat digemari pemuda ini. Dia, Ayuza Kharizmi, lahir di Banda Aceh dan sedang merantau di Istanbul, Turki.

Setengah dekade sudah dia tinggal sebagai pelajar di salah satu universitas teknik bergengsi di kota peninggalan kekhalifahan Usmani ini. Bukan hanya sekadar hobi tapi juga ambisinya untuk membangun bangunan yang akan dikagumi sepanjang masa seperti Hagia Sofia di Turki yang masyhur itu.

Ayuza Kharizmi yang akrab disapa Yuza ini sering menemani kawan-kawan traveler dari Indonesia maupun manca negara mengelilingi Hagia Sofia sembari menjelaskan hal-hal penting mengenai peninggalan kaisar Justinian I yang sangat megah. “Dengan mempelajari lambang arsitektur Byzantium ini kita dapat mengembangkan arsitekur modern ke tingkat yang lebih tinggi,” ujar calon sarjana teknik ini kepada penulis di restoran Doner Kebab Donerci Sahin Usta, beberapa waktu lalu.

Meskipun Hagia Sofia adalah bangunan favoritnya di kota terbesar di republik Turki ini, Yuza tidak hanya terpaku pada bangunan yang pernah menjadi katedral, mesjid dan sekarang menjadi museum ini. “Banyak bangunan lain di kota ini yang sangat megah gaya arsitekturnya dan juga kaya dengan nilai sejarah, this is Istanbul afterall,” kata pengagum Lionel Messi ini sambil menghirup tehnya. ***

Interior museum Hagia Sofia di Istambul, Turki.
Digiqole ad

Related post

2 Comments

  • Keren….

  • Luar biasa..tulisan ini bisa menggambarkan kemegahan bangunan musium haga sofia….ditunggu tulisan2 tentang bangunan bersejarah lainnya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *