Gunadi: Silaturahmi Merajut Tali Kasih Sambil Bernostalgia  

 Gunadi: Silaturahmi Merajut Tali Kasih Sambil Bernostalgia  

Para Alumni Poltekpar Medan (foto: istimewa)

JAYAKARTA NEWS— Belum lama ini STM Alumni Poltekpar Medan mengadakan silaturahmi atau temu kangen antar lintas angkatan dengan beda jurusan di Restauran Simpang Tiga, Jalan Mongonsidi No. 26, Kecamatan Polonia, Kota Medan.

“Acara silaturahmi ini awalnya diinisiasi oleh Syahrial Fahmi Dalimunthe alumni Room Division Management (RDM) Angkatan’95. Ikhwal saat bertemu dengan Gunadi selaku Ketua STM Alumni Poltekpar Medan,” ujar Gunadi kepada Jayakarta News beberapa hari lalu di Allday Bread & Brioche Coffee, Bagya City Citraland. Medan. 

Ketua STM Alumni Poltekpar Medan, Gunadi saat acara silaturahmi atau temu kangen alumni lintas angkutan beda jurusan. (Foto. Monang Sitohang)

Masukan positif yang diusulkan Fahmi  itu pun diaminkan oleh Gunadi, lalu melalui Group WhatsApp STM Alumni Poltekpar Medan diumumkannya akan diadakan acara temu kangen.

Ternyata gayung bersambut, mungkin rasa rindu satu sama lain sesama alumni ingin bertemu. Maka terlihat pada sore itu sekitar Jam 17.00 WIB, satu persatu alumni hadir. Bahkan cuaca yang kurang bersahabat, hujan deras mengguyur Kota Medan pun tidak mengurungkan niat para alumni untuk turut hadir. 

Setelah memasuki ruangan, buku daftar tamu yang tersedia diisi satu persatu oleh para alumni kemudian satu sama lain saling bersalaman, cipika-cipiki. 

Di dalam ruangan tersebut terdengar lantunan tembang lawas yang dinyanyikan oleh biduan sebagai pengisi acara. Suasana malam itu terasa akrab. Saling menyapa satu sama lainya, “Hai bro, dah lama tidak ketemu, hampir 25 tahun ya,” terdengar dari salah seorang alumni satu angkatannya, angkatan 94.

Lalu lanjut saling mengobrol. Canda dan tawa pun kerap terdengar dalam ruangan reservasi temu kangen STM Alumni Poltekpar Medan.

Makanan dan minuman telah siap dihidangkan sekitar Jam 18.00 Wib mulai disantap. Menu yang terhidang ada daun ubi tumbuk, ayam pop, dan lainnya. Aneka kue yang bawa Lela salah seorang alumni Food Production (FPR).

Saat permainan berlangsung di acara temu kangen alumni. (Foto. Monang Sitohang)

“Ada sekitar 40 orang yang hadir dalam acara temu kangen itu. Tidak nyangka sebanyak itu yang hadir karena hujan lebat mengguyur kota Medan,” kata Gunadi.

Ditambah Gunadi, acara yang sederhana dengan niat silaturahmi itu berjalan lancar. Di sela-sela acara ada game dibuat panitia untuk mengisi acara. Gamenya yaitu 5 alumni pria diminta duduk di kursi di depan. Kemudian rambutnya diikat (kuncir) oleh 5 alumni wanita yang berada di belakangnya. Siapa yang terbanyak berhasil mengikat rambut, maka dia lah sang juara. Game tersebut berhasil membuat suasana semarak dan para alumni pun tertawa terbahak-bahak.

Selanjutnya acara hiburan, menyanyi. Beruntung, dua biduan di masa kuliah ikut hadir. Yanti dan Lasma. Dulu mereka bertiga (trio) bersama Henny. Tetapi kini Henny sedang terbaring sakit. 

Sebelum Yanti dan Lasma bernyanyi, Yanti sebagai pembawa acara memberi kabar tentang kondisi Henny. Ia mengajak teman-teman alumni untuk mendoakan Henny segera sembuh dan dapat beraktivitas kembali. Dan ketika bernyanyi ke dua biduan di masa kuliah itu benar-benar tetap exist dan dapat menghibur.

Penyanyi kampus yang tersohor di masa kuliah di BPLP atau Poltekpar Medan, Yanti dan Lasma alumni Food and Baverage Management (FBM) 94. (Foto. Monang Sitohang)

“Jadi menurut saya bersilaturahmi atau temu kangen itu sangat berguna, dampak positifnya dimana kita dapat merajut tali kasih sambil bernostalgia dengan mengingat masa-masa kita di bangku kuliah, yang saat lucu, konyol dan lain-lain. Itu seperti menghipnotis untuk menghilangkan persoalan demi persoalan dalam hidup,” jelas Gunadi sambil tertawa.

Jadi manfaat dari silaturahmi itu tentu sangat banyak. Di samping membuat orang merasa senang dan bahagia ketika bisa saling bersua, hikmah lainnya juga banyak. Seperti menghilangkan perselisihan, melancarkan rezeki dan lainnya.

STM Alumni Poltekpar Medan Masuk Tahun Ketiga

STM Alumni Poltekpar Medan sudah memasuki tahun ketiga. Selama kurun waktu tiga tahun ini sejumlah kegiatan sudah banyak dilakukan di antaranya bakti sosial (Baksos). Saat bulan puasa Ramadhan berbagi takzil juga sembako ke masjid, panti-panti asuhan dan alumni yang mengalami kesulitan ekonomi. Begitu juga, di saat Natal dan menjelang Tahun Baru ini akan ada kegiatan bakti sosial ke panti-panti.

Selain itu, jika ada anggota STM Alumni Poltekpar Medan yang sakit ataupun meninggal, akan diberikan santunan sesuai aturan yang dibuat. Juga, menggalang dana dari anggota STM mau pun tidak dengan seikhlas hati dengan nge-share di group-group alumni.

“Semua kegiatan di STM Alumni Poltekpar Medan dilakukan untuk berbagi rasa, baik suka dan duka sehingga dapat meringankan beban teman kita saat sedang ditimpa musibah, “papar Gunadi.

Menurut Gunadi, menjelang tahun ketiga STM Alumni Poltekpar Medan sudah beranggotakan sekitar 130 orang yang tersebar di berbagai tempat, mulai dari Medan, Kalimantan, Lombok bahkan di kapal-kapal pesiar. Kita bisa saling berkabar (komunikasi) di dalam group WhatsApp STM Alumni Poltekpar Medan. 

“Jadi harapan saya sebagai ketua STM Alumni Poltekpar Medan, semoga di tahun-tahun berikutnya para alumni yang belum bergabung dapat ikut menjadi anggota STM,” tutup Gunadi. (Monang Sitohang)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.