Gubernur Khofifah  Sampai Dua Kali Cicipi Sedapnya Ikan Asap Segar Khas Dringu

 Gubernur Khofifah  Sampai Dua Kali Cicipi Sedapnya Ikan Asap Segar Khas Dringu

Inilah ikan asap yang lezat dan membuat Gubernur Khofifah datang dua kali untuk menikmatinya(foto: poedji)

JAYAKARTA NEWS-Kalau datang ke Probolinggo tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi sedapnya ikan asap segar khas Desa Tamansari, Kecamatan Dringu.

Paduan bumbu bakar sederhana yang disajikan dengan sambal terasi khas pesisir Probolinggo, Jawa Timur, membuat siapa pun tergoda untuk datang, lagi, dan lagi.

Termasuk Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa yang mengaku sudah dua kali sengaja berhenti di tempat ini hanya untuk merasakan nikmatnya ikan asap yang diolah dari ikan segar hasil tangkapan nelayan setempat.

“Ini kedua kalinya saya kesini. Dulu warung ini  tidak sebesar ini, tapi sekarang sudah jauh meningkat. Penjual ikan asap segar sepanjang Dringu juga makin banyak.  Suasananya sederhana tapi tetap nyaman. Dan juga berada di pinggir jalan utama. Jadi bagi yang melintas lewat Dringu-Probolinggo bisa singgah untuk menikmati ikan asap segar sambil beristirahat,” ujarnya.

Khofifah mengaku kesengsem dengan ikan asap segar khas Probolinggo ini. Menurutnya, cita rasa kuliner ini tidak dapat ditemui ditempat lain. Terlebih, harganya pun relatif murah dan ramah dikantong.

Dalam kunjungannya kali ini, Gubernur Khofifah mencicipi dua jenis Ikan Asap yaitu Ikan Putian dan Kakap Putih yang menjadi menu andalan. Bersanding dengan es kelapa muda, suasana khas pesisir pun terasa lebih kental.

Berbagai Ikan laut asap ini merupakan olahan ikan segar yang dimasak dengan cara diasap dan ikan asap bisa dikatakan matang, jika warnanya sudah berubah menjadi kuning keemasan.

Potensi wisata kuliner khas daerah semacam ini disebut Gubernur Khofifah patut untuk dikembangkan. Melalui keberadaan BUMDES, bantuan permodalan bisa jadi opsi untuk pemberdayaan masyarakat desa berbasis kearifan lokal.

“Tentunya format seperti ini sangat bagus untuk dikembangkan. Sangat bisa dijadikan referensi untuk potensi yang ada di wilayah lain,” imbuhnya.

“Pokoknya, kalau ke Probolinggo atau lewat Probolinggo jangan lupa berhenti dan cicipi sedapnya Ikan Asap Segar Khas Dringu,” tuturnya.

Khofifah bahkan mengunggah acara santap ikan asapnya tersebut di laman Instagram pribadi miliknya @khofifah.ip.

“Pas waktunya. Pas menunya. Perjalanan kembali ke Surabaya dari Kraksaan Probolinggo saya dan rombongan mampir makan malam menu  ikan kakap  asap bakar segar  di Dringu –  Probolinggo. Yang biasa lewat Dringu bisa singgah menikmati ikan segar asap bakar,” tulisnya.

Sebagai informasi, di sepanjang kawasan Dringu banyak berjajar warung-warung makan yang menyajikan makanan khas Ikan Asap Segar. Sentra penjualan ikan asap ini menjadi pilihan yang tepat bagi para wisatawan atau pemudik ketika perut koroncongan dalam perjalanan. (poedji)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.