Gecok Kambing Salatiga

 Gecok Kambing Salatiga

SALATIGA, sebuah kota kecil di Jawa Tengah, memiliki kuliner unik yang masih terjaga kelestariannya, namanya Gecok Kambing. Ini adalah sejenis olahan kambing yang kaya akan rempah dan citarasanya sangat kuat. Karena itu pula sebagian orang juga menyebut masakan ini sebagai jamu.

Penjual Gecok Kambing kebanyakan berada di pinggiran Salatiga, terutama daerah Tuntang yang terkenal sebagai sentra kuliner Gecok Kambing. Isinya menggunakan bagian kaki, iga, hingga kepala kambing. Jika dilihat sekilas gecok lebih mirip dengan gulai, proses pembuatan gecok juga menggunakan santan.

Gecok Kambing memiliki rasa cenderung pedas, ini berasal dari cabe rawit dan rempah. Selain menggunakan cabe rawit sebagai bumbu, gecok juga menggunakan bumbu rempah lainnya  seperti jahe, laos, merica dan daun jeruk nipis.

Daging kambing yang sudah direbus sampai empuk, lalu dimasak lagi dengan bumbu rempah tersebut. Ini mengahsilkan daging yang gurih dan renyah bercampur dengan kuah yang gurih.

Saat bermain ke Salatiga, tinggal mengarah ke daerah Tuntang, di sana terdapat banyak penjual masakan ini. Pengunjung dipersilahkan memilih, sesuai dengan selera atau arahan dari teman di sana. Tapi rata-rata rasa masakan gecok di sana lezat semua. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *