Connect with us

Ekonomi & Bisnis

Gandeng Pemda, Pertamina Penuhi Pasokan LPG 3 Kg

Published

on

PERMINTAAN LPG 3 Kg dii wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) meningkat. Bahkan, di sejumlah wilayah harus mengantri panjang untuk membeli LPG 3 Kg ini. Lalu, apa tanggapan Pertamina berkaitan dengan masalah melonjaknya permintaan LPG 3 Kg ini?

PT Pertamin melalui Marketing Operation Region (MOR) III Jawa Bagian Barat berkoordinasi dengan Pemda, dalam hal ini Dinas Perindustrian dan Perdagangan maupun Dinas Perindustrian masing-masing wilayah. Menurut Unit Manager Communication & Relation Pertamina Jawa Bagian Barat Dian Hapsari Firasati, Pertamina bersama Penda berusaha memenuhi kebutuhan LPG 3 Kg di masyarakat dengan penambahan pasokan ke agen/pangkalan resmi yang jumlahnya bervariasi hingga 60 persen dari penyaluran normal.

“Pada sejumlah wilayah konsumsi LPG 3 kg meningkat tajam, sehingga stok yang biasanya disalurkan secara normal belum mencukupi. Kami terus berkoordinasi dengan Disperidag untuk memantau sejumlah titik dan mengupayakan ketersediaan pasokan sesuai kebutuhan,”ujar Dian Hapsari.

Untuk memastikan kebutuhan masyarakat yang menjadi sasaran utama LPG 3 kg terpenuhi, tambah Dian Hapsari, Pertamina MOR III juga telah melaksanakan operasi pasar pada beberapa tempat sejak Senin, 4 Desember 2017. Di Kota dan Kabupaten Bogor operasi pasar telah dilaksanakan sejak Senin (4/12) dan berlanjut Kamis (7/12), sehingga total tambahan penyaluran mencapai 57% dari kondisi normal. Demikian juga untuk wilayah Depok, yang sejak Senin (412) sudah menerima operasi pasar, akan dilanjutkan pada Kamis (7/12) hingga total penambahan penyaluran mencapai 47% dari normal.

Sementara di wilayah Priangan Timur yang meliputi Tasikmalaya, Ciamis, Banjar dan Pangandaran akan digelontorkan penambahan pasokan hingga 60% dengan operasi pasar di 98 titik. Adapun pada, Sabtu (9/12), operasi pasar akan menjangkau wilayah Sukabumi dengan 35 titik sebanyak 26% dari kondisi normal.

Wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya juga tak luput, dimana penambahan pasokan mencapai 46% dari biasanya. Sementara Bandung, Cimahi, Sumedang dan sekitarnya juga mendapat penambahan pasokan hingga 50%. Dan wilayah Tangerang mendapat tambahan penyaluran sebesar 25%.

“Dalam dua hari ini, operasi pasar LPG 3 kg sudah dilakukan di Kota Bogor, Kabupaten Bogor dan Depok dan berjalan lancar. Kami ucapkan terimakasih kepada Pemerintah Daerah terutama Dinas Perindustrian dan ESDM di masing-masing lokasi yang membantu upaya ini dengan baik. Kami berharap dengan operasi pasar ini harga stabil sesuai dengan harga eceran resmi di masing-masing daerah, ,” papar Dian Hapsari lagi. ***

Continue Reading
Advertisement
1 Comment

1 Comment

  1. Yonathan N

    December 7, 2017 at 7:58 pm

    Tadi sy survey ke penyalur besar, sdh tidak banyak antrian, walau masih ada. Mungkin dampak positif setelah Walikota Bogor dan dinas perdagangan dan industri operasi pasar Rabu lalu. Harga eceran tetap Rp 16.000 per galon melon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *