Film: Unhinged – Insiden Kemarahan di Jalan Raya

 Film: Unhinged – Insiden Kemarahan di Jalan Raya

Russell Crow

JAYAKARTA NEWS –  Film produksi Solstice Studios berjudul “Unhinged’ (Mentally Unbalance) yang bergenre psychological thriller ini dibintangi oleh Russell Crowe, aktor berkebangsaan Australia yang sukses di Hollywood.

Tak seperti biasanya, dimana Russell Crowe sebagai pemeran utama, di film ini ia berperan sebagai sosok antagonis. Kali ini, ia didapuk sutradara Derrick Borte sebagai pembunuh sadis berdarah dingin. Psikopat, kasar, tak sensitif , manipulatif dan anti sosial.

Bernama Tom Cooper, ia mengemudikan mobil yang melakukan adegan berbahaya di jalan raya dengan menghabisi orang-orang tak bersalah. Saat itu, Rachel Flynn (Caren Pistorius), seorang ibu tunggal, sedang mengantarkan putranya, Kyle (Gabriel Bateman) ke sekolah dan berpikir tak datang telat di tempat kerjanya. Ternyata, prediksi Rachel salah. Arus lalu lintas macet pada jam sibuk.

Mobil yang dikemudikannya tak bisa berjalan kencang karena terhalang truk. Rachel mengklakson keras-keras. Si pengemudi turun, dan eh, tak salah lagi, inilah Tom Cooper. Tom memperkenalkan diri dan minta maaf. Jalanan tidak macet lagi.

Mobil Rachel jalan dan ia diam-diam dikuntit Tom, orang asing misterius yang sakit jiwa. Rachel mengira sudah selesai, ternyata berentet. Insiden kemarahan di jalan raya ini jadi pemicu penghilangan orang-orang dekatnya. Ketika mengisi bensin di SPBU, dengan cerdik Tom menukar telepon genggam milik Rachel dengan hp milik dirinya.

Kini, data-data dan alamat orang-orang terdekat Rachel ada di tangan Tom. Betapa mengerikan dan menegangkan kisah seorang ibu muda diteror psikopat sadis yang dikenalnya di jalan raya. Bahkan, teman Rachel yang jadi pengacara perceraian dengan suaminya yang bernama Andy (Jimmi Simpson) dihabisi secara kejam di restoran.

Sebagaimana resep film-film Hollywood, film ini berakhir dengan ‘happy ending’ : Rachel dan Kyle selamat setelah melalui perkelahian yang berdarah-darah. Tom Cooper berhasil dibunuh oleh Rachel sebelum polisi datang ke tempat kejadian. Lokasi syuting di musim panas 2019 di Kenner dan New Orleans, Louisiana dan produksi usai September 2019.

Berdurasi 90 menit, ‘Unhinged’ jalan ceritanya sederhana. Hanya unsur ketegangan dan kebut-kebutan mobil di jalan raya terasa menambah adrenalin penonton menjadi naik. Skenario yang ditulis oleh Carl Ellsworth lumayan elok ditambah gimmick-gimmick yang mencuat diluar perkiraan penonton membuat film ini menjadi box office dimana-mana dan meraup 42, 8 juta USD (padahal anggarannya cuma 33 juta USD).

Film ‘Unhinged’ adalah film Hollywood pertama yang rilis dalam beberapa bulan karena pandemi Covid 19. Semula akan rilis 20 Agustus 2020 di Amerika. Kemudian diundur 4 September 2020. Dan di Indonesia, tayang serentak 25 Februari 2021. Seni peran Russell Crowe boleh diacungi jempol tinggi-tinggi. Tampil cepat, kerutan kening tegas serta selalu meringis dan jarang tertawa.

Dengan pakaian berat, meski menjijikkan, ia tetap seorang aktor handal. Menyabet Oscar sebagai aktor terbaik dalam film ‘Gladiator’ (2000), dalam ‘Unhinged’ berperan sebagai psikopat yang mengemudikan mobil di jalanan yang brutal. Kalau saja bukan Russell Crowe yang main, tentu saja hasilnya akan berbeda. (pik)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *