Film PARANOIA Wakili RI di Asian Film Festival Barcelona 2021

 Film PARANOIA Wakili RI di Asian Film Festival Barcelona 2021

Adegan dalam Paranoia (foto:Japos.com)

JAYAKARTA NEWS – Sebelum tayang di Indonesia, film ‘Paranoia’ yang disutradarai Riri Riza telah terlebih dulu diputar di 25th Bucheon International Fantastic Film Festival 2021, Korea Selatan dan juga terpilih berkompetisi mewakili RI di Spanyol untuk Asian Film Festival Barcelona 2021.

Film produksi Miles Films ini akan hadir di layar lebar seluruh Indonesia mulai 11 November 2021. Juga, film ini meraih nominasi Piala Citra untuk kategori film panjang di FFI 2021, sutradara, aktris utama dan penata suara.

Produser yang memproduksi Paranoia, Mira Lesmana mengemukakan usai preview di Epicentrum, Jakarta baru-baru ini, film ini telah membuka pemutaran khusus di 4 kota, yaitu Jakarta, Bekasi, Bandung dan Jogjakarta.

Tiket sold out sehingga layar perlu ditambah, dari 4 menjadi 8 layar. “Semoga ini menjadi tanda bahwa penonton sangat merindukan kembalinya  film Indonesia di bioskop,” kata Mira Lesmana.

Riri Riza pun berpendapat sama. “Ini memberi kami semangat keberanian untuk terus mendorong bangkitnya industri film Indonesia yang terguncang akibat pandemi,”  tutur sutradara Riri Riza yang pernah sukses membuat film ‘Petualangan Sherina’ ini.

Paranoia dibangun penuh ketegangan yang mencekam dengan dukungan akting para pemerannya, yaitu Nicholas Saputra, Nirina Zubir, Lukman Sardi dan Caitlin North Lewis. Scoring musik yang membuai yang menggiring penonton terkejut dari awal sampai akhir.

Ditambah lagi sajian sinematik yang piawai. Meski di beberapa adegan tampak kebocoran serta scene-scene yang janggal. Yang jelas, Paranoia adalah salah satu film Indonesia yang menerima dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) bidang Perfilman untuk skema promosi film melalui Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), selain dua brand yang juga ikut mendukung promosi, yaitu Oppo Indonesia dan Bank Mandiri.

Paranoia adalah gangguan pikir dan gangguan suasana hati atau masalah psikologis yang ditandai dengan  munculnya rasa curiga dan takut berlebihan. Orang yang ‘paranoid’ cenderung sulit atau bahkan tak bisa memercayai orang lain dan memiliki pola pikir yang berbeda dari kebanyakan orang.

Bercerita tentang Dina (Nirina Zubir)  yang melarikan diri dari suaminya, Gion (Lukman Sardi). Ia diburu karena selain lari bersama anak mereka, Laura (Caitlin North Lewis), ia juga membawa sebuah barang berharga. Dalam persembunyiannya di Bali, seorang pria tak dikenal bernama Raka (Nicholas Saputra) muncul dan mengusik hubungan Dina dan Laura. Situasi menjadi bertambah sulit dan ancaman semakin mendekat. (pik)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *