Film ‘Akhirat: A Love Story’ – di Dunia Ditolak. Di Alam Barzah Diizinkan

 Film ‘Akhirat: A Love Story’ – di Dunia Ditolak. Di Alam Barzah Diizinkan

Poster film bioskop Indonesia: Akhirat – A Love Strory

JAYAKARTA NEWS – Ingat film ‘Ghost’ (Hantu) yang beredar tahun 1991 dan dibintangi oleh Patrick Zwayze dan Demi Moore? Pacar Demi Moore tewas dibunuh dan karena belum takdirnya, arwahnya gentayangan dan menjadi hantu. Mereka berdua saling memadu kasih di dunia layaknya suami (hantu) dan isteri (manusia).

Kini, sutradara Jason Iskandar membuat film mirip Ghost bertajuk ‘Akhirat : A Love Story’. Hanya bedanya, dua insan manusia koma karena kecelakaan mobil. Mereka semula heran dan saling memadu asmara di alam barzah, di pintu gerbang akhirat. Kisah roman fantasi  ini adalah debut panjang sutradara dan penulis naskah Jason Iskandar.

Ingat, film fiksi ini jangan dikait-kaitkan dengan keyakinan agama tertentu di Indonesia. Sama halnya ketika pengarang Italia, Dante Alighieri menulis karya fiksinya berjudul ‘Divina Comedia’ tentang perjalanannya ke alam akhirat (padahal dia belum mati, hanya berdasar imajinasi).

Inti cerita ‘Akhirat’  sangat ringan dan bisa terjadi dimana saja. Namun mengandung filosofi mendalam ihwal hubungan antar-manusia beda agama. Di dunia, terutama di internal dua keluarga, hubungan mereka ditolak.

Timur (Adipati Dolken) yang beragama Kristen berpacaran dengan Mentari (Della Dartyan) yang menganut Islam. Keduanya jatuh cinta dan berjanji untuk menikah bersama. Tapi orang tua Mentari menolak. “Nanti yang jadi Imam dalam rumahmu, siapa,” kelit ibu Mentari. Senada di keluarga Timur. “Ananda Timur sejak kecil dibaptis dan rajin membaca Alkitab. Kalau isteri kamu beribadah dengan cara lain, bagaimana?,” tolak ibu Timur. Yang jelas, hubungan asmara Timur dan Mentari terlarang dan dilarang.

Suatu hari, terjadi kecelakaan saat Timur yang berdua dengan Mentari, mengendarai mobil. Tabrakan ini membuat keduanya berpindah dunia. Berdua mengalami koma di rumah sakit. Arwah mereka berada di dunia yang baru  dan berbeda. Di akhirat, mereka diberi kesempatan kedua untuk untuk bisa bersama tanpa halangan apapun.

Apakah akhirat akan menyatukan atau memisahkan mereka? Produser BASE Entertainment yang bekerjasama dengan Studio Antelope, Shanty Harmayn menyatakan, melalui film perdananya ini, Jason Iskandar mengajak penonton berpikir nengenai hubungan antarmanusia.

Diceritakan dengan cara menghibur melalui dua orang yang saling jatuh cinta  namun harus terhalang oleh keinginan keluarga. Dibalut unsur fantasi dan musik oleh penyanyi bersuara bariton Adikara Fardy, Ivan Gojaya dan Agustin Oendari plus Kunto Aji. Ivan Gojaya juga sosok dibalik scoring film ini. Ending yang tak terduga jadi highlight ‘Akhirat’. Bahkan, Della Dartyan nengaku tak sadar melelehkan air mata lagi.

Della Dartyan dan Adipati Dolken bermain dengan performa yang cemerlang. Chemistry keduanya menjadi nyawa utama dan keduanya sanggup membawakan kisah  yang tak biasa ini menjadi sesuatu yang mudah dicerna. Sederet pemain andal juga ikut memperkuat film ini, diantaranya Ayu Diah Pasha, Verdi Solaiman, Windy Apsary, Agnes Naomi,  Farhan Rasyid, Nungki Kusumastuti, Tubagus Ali dan Ravil Prasetya paling tidak ikut mendukung antusiasme generasi muda untuk kembali nonton film Indonesia di bioskop. (pik)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *